Penerapan Media Pembelajaran Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Struktur Bagian Tumbuhan Kelas VIII MTsN 1 Aceh Tamiang

Rika Rahmah Syahputra, 180207028 (2023) Penerapan Media Pembelajaran Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Struktur Bagian Tumbuhan Kelas VIII MTsN 1 Aceh Tamiang. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penerapan Media Pembelajaran Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Struktur Bagian Tumbuhan Kelas VIII MTsN 1 Aceh Tamiang] Text (Penerapan Media Pembelajaran Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Struktur Bagian Tumbuhan Kelas VIII MTsN 1 Aceh Tamiang)
Rika Rahmah Syahputra, 180207028, FTK, PBL, 082165881083.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB)

Abstract

Proses belajar mengajar sudah dilaksanakan dengan baik, namun masih ada siswa yang kurang memperhatikan materi yang disampaikan oleh guru hal ini disebabkan oleh penggunaan media yang kurang menarik dan monoton sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Tujuan penelitian adalah untuk menjabarkan aktivitas dan meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII MTsN 1 Aceh Tamiang pada materi struktur bagian tumbuhan dengan penerapan media pembelajaran puzzle. Metode penelitian yang digunakan yaitu Pre Experiment dengan design one group pre-test post-test. Populasi dalam penelitian ini seluruh peserta didik kelas VIII, sampel penelitian kelas VIII.5 berjumlah 25 siswa, untuk pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes. Instrumen penelitian berupa lembar observasi untuk mengetahui aktivitas siswa, serta tes tertulis dalam bentuk pilihan ganda berjumlah 25 butir soal. Analisis nilai aktivitas menggunakan nilai rerata dan persentase, hasil penelitian pertemuan pertama 79,13% kategori aktif dan mengalami peningkatan pada pertemuan kedua 88,04% kategori sangat aktif. Hasil belajar siswa mendapatkan nilai N-gain 0,69 kategori sedang dengan nilai rata-rata pre-test 35,8 dan nilai rata-rata post-test 80,4. Hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai thitung > ttabel (thitung = 36,55 > ttabel=1,711). Sehingga dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan media pembelajaran puzzle dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Rika Rahmah Syahputra
Date Deposited: 15 Jun 2023 02:30
Last Modified: 15 Jun 2023 02:30
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29831

Actions (login required)

View Item
View Item