Hubungan Religiusitas Dengan Kecemasan Pada Penderita Penyakit Kronis Selama Covid-19 Di Kota Banda Aceh

Cut Maulidiana, 170901114 (2023) Hubungan Religiusitas Dengan Kecemasan Pada Penderita Penyakit Kronis Selama Covid-19 Di Kota Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Hubungan Religiusitas Dengan Kecemasan Pada Penderita Penyakit Kronis  Selama Covid-19 Di Kota Banda Aceh] Text (Hubungan Religiusitas Dengan Kecemasan Pada Penderita Penyakit Kronis Selama Covid-19 Di Kota Banda Aceh)
Cut Maulidiana, 170901114, PSI, PSI, 082164210478.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Agama memegang peran penting dalam kehidupan manusia. Manusia membutuhkan agama untuk memenuhi kebutuhan rohani serta mendatpatkan ketentraman dikala mereka mendekatkan diri dan mengabdi kepada yang Maha Kuasa, jiwa yang sehat secara kognitif melihat segala sesuatu di sekitarnya sebagai sesuatu yang baik dan selalu optimis melihat masa depan, mereka senantiasa berharap bahwa tuhan akan memberikan pertolongan dan jalan keluar dari permasalahan yang terjadi sebelumnya diluar dari hal yang tidak pernah mereka fikirkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara Religiusitas dan Kecemasan pada penderita penyakit kronis di kota Banda Aceh selama covid-19. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pengambilan sampel berdasarkan teknik probability sampling dengan teknik simple random sampling. Subjek yang diperoleh berjumlah 267 orang penderita penyakit kronis selama covid-19. Skala yang digunakan dalam penelitian ini ada dua, yaitu skala religiusitas yang disusun berdasarkan aspek Hubber (2012) dan skala kecemasan yang disusun berdasarkan aspek dari GreenBerger. Hasil penelitian ini menunjukkan koefesien korelasi sebesar r = -0,167 dengan p = 0,006 yang menunjukkan bahwa ada hubungan positif yang sangat signifikan antara religiusitas dengan kecemasan pada responden penderita penyakit kronis. Artinya semakin tinggi religiusitas maka semakin rendah kecemasan pada responden dengan penyakit kronis. Sebaliknya, semakin rendah religiusitas maka semakin tinggi kecemasan pada responden dengan penyakit kronis.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Religiusitas, Kecemasan, Penyakit Kronis, Covid-19
Subjects: 100 Philosophy and Psychology
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi)
Divisions: Fakultas Psikologi > S1 Psikologi
Depositing User: Cut Maulidiana Maulidiana
Date Deposited: 15 Jun 2023 03:04
Last Modified: 15 Jun 2023 03:04
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29839

Actions (login required)

View Item
View Item