Penerapan Model Kooperatif tipe Scramble Berbantuan Media Puzzle untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran PKn Kelas IV SDN Jambur Lak-lak Aceh Tenggara

Yulina Rahmiani, 190209136 (2023) Penerapan Model Kooperatif tipe Scramble Berbantuan Media Puzzle untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran PKn Kelas IV SDN Jambur Lak-lak Aceh Tenggara. Other thesis, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penerapan Model Kooperatif tipe Scramble Berbantuan Media Puzzle] Text (Penerapan Model Kooperatif tipe Scramble Berbantuan Media Puzzle)
Yulina Rahmiani, 190209136, FTK, PGMI, 081269126691.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan di kelas IV SDN Jambur Lak-lak Aceh Tenggara pada pembelajaran PKn peneliti menemukan bahwa masih kurangnya keaktifan belajar siswa yang melibatkan rendahnya hasil belajar siswa. Hal ini dikarenakan model dan media yang digunakan guru masih kurang efektif terhadap materi yang diajarkan. Masih banyak siswa yang nilai rata-ratanya belum memenuhi atau masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 75. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn melalui model pembelajaran kooperatif tipe scramble berbantuan media puzzle pada kelas IV SDN Jambur Lak-lak Aceh Tenggara. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang meliputi empat tahapan yaitu: (Planning) tahap perencanaan, (Acting) tahap pelaksanaan, (Observing) tahap pengamatan dan (Reflecting) refleksi yang dilakukan dalam dua siklus, dengan subjek penelitian berjumlah 28 siswa. teknik pengumpulan data menggunakan instrumen observasi, angket dan tes. Kemudian data ini dianalisis menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian melalui penerapan model kooperatif tipe scramble berbantuan media puzzle untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn mengalami peningkatan. Hasil pengamatan aktivitas guru pada siklus I yaitu 85,86%, pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 100%. Aktivitas siswa pada siklus I yaitu 81,52%, pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 100%. Keaktifan belajar siswa pada siklus I yaitu 77,29 %, pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 94,38%. Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus I yaitu 46,42%, pada siklus II menjadi 92,85%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model kooperatif tipe scramble berbantuan media puzzle dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Jambur Lak-lak Aceh Tenggara

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences)
600 Technology (Applied Sciences) > 620 Engineering and Allied Operations (Ilmu Teknik dan Ilmu yang Berkaitan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Yulina Rahmiani Yulina
Date Deposited: 15 Jun 2023 03:12
Last Modified: 15 Jun 2023 03:12
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29840

Actions (login required)

View Item
View Item