Pengaruh Literasi Halal, Promosi dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion (Studi Pada Masyarakat Kecamatan Ulee Kareng Kota Banda Aceh)

Ritayani, 190602353 (2023) Pengaruh Literasi Halal, Promosi dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion (Studi Pada Masyarakat Kecamatan Ulee Kareng Kota Banda Aceh). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengaruh Literasi Halal] Text (Pengaruh Literasi Halal)
Ritayani, 190602353, FEBI, ES.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Islam telah mengajarkan cara menata hidup sesuai syariat sehingga manusia dapat membedakan mana yang halal dan haram. Di kalangan masyarakat Aceh, penerapan syariah Islam sudah sejak lama menjadi prioritas utama dalam kehidupan sehari-hari. Konsep produk halal mengacu pada perubahan gaya hidup masyarakat yang saat ini sudah banyak menerapkan konsep halal yang biasa disebut Halal Lifestyle. Halal atau haramnya suatu produk tidak hanya melihat dari label halal saja, pemahaman produk bagi seseorang yang mengkonsumsinya juga penting. Literasi halal menjadi kemampuan dalam membedakan barang dan jasa baik halal atau haram dengan berlandaskan hukum islam. Selain itu promosi dan harga juga menjadi pertimbangan terhadap keputusan pembelian produk dikalangan masyarakat. Sehingga munculnya kesenjangan dikalangan masyarakat terhadap pengambilan keputusan pembelian suatu produk terutama produk fashion. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui Pengaruh literasi halal, promosi dan harga terhadap keputusan pembelian produk fashion (studi pada masyarakat kecamatan Ulee Kareng Kota Banda Aceh). Penelitian ini menggunakan data kuantitatif yang terdiri dari data primer dan sekunder, data primer yaitu dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 responden. Dalam membuktikan dan menganalisis data, maka digunakan Uji validitas, reliabilitas, Uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda serta uji F(simultan) dan uji T (Parsial). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Variabel Literasi halal, promosi dan harga secara parsial berpengaruh dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk fashion oleh masyarakat kecamatan Ulee Kareng Kota Banda Aceh. Variabel literasi halal, promosi, harga secara simultan berpengaruh dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk fashion oleh masyarakat kecamatan Ulee Kareng Kota Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Ritayani Rita
Date Deposited: 15 Jun 2023 02:55
Last Modified: 15 Jun 2023 02:55
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29842

Actions (login required)

View Item
View Item