Nilai-Nilai Dakwah Pada Motif Kerawang Gayo (Studi Analisis Deskriptif di Gampong Bebesen Kecamatan Bebesen Kabupaten Aceh Tengah)

Seri Rezeki, 180402001 (2023) Nilai-Nilai Dakwah Pada Motif Kerawang Gayo (Studi Analisis Deskriptif di Gampong Bebesen Kecamatan Bebesen Kabupaten Aceh Tengah). Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Nilai-Nilai Dakwah Pada Motif Kerawang Gayo (Studi Analisis Deskriptif di Gampong Bebesen Kecamatan Bebesen Kabupaten Aceh Tengah)] Text (Nilai-Nilai Dakwah Pada Motif Kerawang Gayo (Studi Analisis Deskriptif di Gampong Bebesen Kecamatan Bebesen Kabupaten Aceh Tengah))
Seri Rezeki, 180402001, FDK, BKI, 082236369116.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Nama/NIM: Seri Rezeki/180402001, Nilai-Nilai Dakwah Pada Motif Kerawang Gayo (Studi Analisis Deskriptif di Gampong Bebesen Kecamatan Bebesen Kabupaten Aceh Tengah) . Penelitian ini membahas tentang nilai-nilai dakwah yang terdapat pada motif kerawang Gayo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai-nilai dakwah yang terdapat pada motif Kerawang Gayo dan untuk mengetahui pemanfaatan Kerawang Gayo sebagai media dakwah. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini berjumlah pengrajin/pengjahit kerawang Gayo, tokoh masyarakat dan seniman/budayawan Gayo. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, nilai-nilai dakwah yang terdapat pada motif Kerawang Gayo ialah sebagai berikut: nilai kebersamaan atau kekompakan, nilai moral atau akhlak, nilai kedisiplinan atau adat dan budaya, nilai pendidikan, nilai sosial, nilai religius, nilai ibadah, nilai anjuran/perintah, nilai tanggung jawab, nilai pendidikan, nilai silaturahmi, nilai anjuran/perintah, nilai religius dan ibadah. Kedua, pemanfaatan Kerawang Gayo sebagai media dakwah sebagai berikut: kerawang Gayo bisa dijadikan sebagai pakaian wanita muslimah, syal, peci dan baju muslim yang digunakan para pendakwah dalam kegiatan berdakwah, pemanfaatan motif kerawang sebagai baju persatuan ibu-ibu pengajian dan motif kerawang sebagai pakaian untuk seragam sekolah

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Nilai-nilai Dakwah, Kerawang Gayo, Seni, Budaya
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Seri Rezeki Seri
Date Deposited: 22 Jun 2023 02:24
Last Modified: 22 Jun 2023 02:24
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29862

Actions (login required)

View Item
View Item