Analisis Penilaian Keamanan Server Terhadap Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian Dengan Metode NIST SP 800-115 Pada Universitas Islam Negeri Ar-Raniry

Irfan Murti Raazi, 190705021 (2023) Analisis Penilaian Keamanan Server Terhadap Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian Dengan Metode NIST SP 800-115 Pada Universitas Islam Negeri Ar-Raniry. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda.

[thumbnail of Penilaian Keamanan Server terhadap Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian yang kini tindak kejahatan dunia maya terus berkembang seiring dengan meningkatnya kemampuan manusia dalam menggunakan teknologi digital.] Text (Penilaian Keamanan Server terhadap Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian yang kini tindak kejahatan dunia maya terus berkembang seiring dengan meningkatnya kemampuan manusia dalam menggunakan teknologi digital.)
Tugas Akhir 2023 Penilaian Keamanan Server - Cyber Crime.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Tindak kejahatan dunia maya terus berkembang seiring dengan meningkatnya kemampuan manusia dalam menggunakan teknologi digital, hal ini dapat memicu terjadi penyalahgunaan teknologi digital sebagai alat utama tindak kejahatan. Oleh karena itu, keamanan sistem menjadi prioritas utama dalam suatu instansi agar terhindari dari berbagai teknik ancaman dalam pencurian data dan informasi pada sebuah komputer server oleh pihak yang tidak memiliki otoritas. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry merupakan suatu instansi yang telah memanfaatkan teknologi informasi dalam tata kelola universitas, salah satunya yaitu server yang memuat Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian. Dalam hal ini, dengan terpublikasi sistem informasi tersebut ke dunia internet sehingga membuat rawan terjadinya serangan yang disebabkan oleh kerentanan (vulnerability). Penelitian ini dapat menjadi tolak ukur sejauh mana instansi yang dievaluasi untuk dapat melakukan perbaikan terhadap kerentanan yang telah ditemukan guna meminimalisir tindak kejahatan dalam memperoleh akses kewenangan sistem tersebut. Sehingga perlu dilakukan penetration testing untuk menilai kelayakan server berdasarkan aspek keamanan informasi yaitu: confidentiality, integrity, dan availability. Salah satu cara mengatasi terjadinya serangan yaitu dengan menutup kerentanan yang terdapat pada suatu sistem. Namun, sebelum menutup suatu kerentanan tersebut, diperlukan penilaian keamanan untuk menanggulangi terjadinya tindak kejahatan dengan prosedur yang telah disepakati. Penilaian keamanan server dilakukan dengan menggunakan metode NIST SP 800-115 yang terdiri dari 4 tahapan pengujian, yaitu: planning, discovery, attack, dan reporting. Hasil dari penelitian ini adalah dapat diketahui bahwa Sistem informasi Manajemen Kepegawaian memiliki 9 kerentanan yang dapat dieksploitasi dengan rincian 2 kerentanan yang berada dalam threat level high yaitu: DNS Server Spoofed Request Amplification DDoS, dan Interception Attack, dan 7 kerentanan yang berada dalam threat level medium yaitu: TLS Version 1.0 Protocol Detection, TLS Version 1.1 Protocol Detection, SSL Certificate Cannot Be Trusted, SSL Certificate Expiry, SSL/TLS Protocol Initialization Vector Implementation Information Disclosure, Nginx < 1.17.7 Information Disclosure, DNS Server Recursive Query Cache Poisoning Weakness. Dengan demikian, tingkat keparahan kerentanan server yang memuat sistem informasi tersebut berada pada skor 6.4 yang tergolong ke dalam threat level medium.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Cybercrime, Penetration Testing, NIST SP 800-115, Keamanan Server
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 003 Systems
000 Computer Science, Information and System > 004 Computer Science
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Arsitek
Depositing User: Irfan Murti Raazi
Date Deposited: 16 Jun 2023 02:22
Last Modified: 16 Jun 2023 02:22
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29863

Actions (login required)

View Item
View Item