Ad-Dhamir Fii Lughah Al-Arabiyati Wa Lughah Al-Gayuwiyati (Dirasah Muqaranah)

Yeni Sapitri, 180502010 (2023) Ad-Dhamir Fii Lughah Al-Arabiyati Wa Lughah Al-Gayuwiyati (Dirasah Muqaranah). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Adab dan Humaniora.

[thumbnail of Ad-Dhamir Fii Lughah Al-Arabiyati Wa Lughah Al-Gayuwiyati (Dirasah Muqaranah)] Text (Ad-Dhamir Fii Lughah Al-Arabiyati Wa Lughah Al-Gayuwiyati (Dirasah Muqaranah))
Yeni Sapitri, 180502010, FAH, BSA, 082364617550.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Ad-Dhamir Fi Lughah Al-Arabiyah Wa Lughah Al-Ghayowiyah” (Dirasah Muqaranah). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran persamaan dan perbedaan dalam kata ganti bahasa arab dan bahasa gayo. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kompratif, dimana penelitian ini membandingkan dua bahasa yang ada. Diantara hasil yang diperoleh peneliti terdapat persamaan dan perbedaan pronomina antara bahasa arab dan bahasa gayo, yaitu persamaan diantara keduanya adalah dalam mendefinisikan waktu seperti pada kata kerja, penempatan kata ganti yang dipisahkan dengan kata benda, dan penempatan kata ganti yang terhubung ke kata benda. Adapun perbedaan di antara keduanya adalah bahwa bahasa Arab berkaitan dengan laki-laki dan perempuan, dan kata ganti tersembunyi, dan bahasa Gayo memiliki tiga kasus dalam penggunaan kata ganti “kamu”. Dari kesamaan yang ditemukan peneliti, tampak jelas bahwa bentuk umum kata ganti dalam bahasa Gayo mengikuti bahasa Arab pada bagian-bagian tertentu. Hal ini menunjukkan meluasnya penyebaran Islam bahkan dalam tata bahasa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Yeni Sapitri
Date Deposited: 16 Jun 2023 02:47
Last Modified: 16 Jun 2023 02:47
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29877

Actions (login required)

View Item
View Item