Pendidikan Politik : Persepsi Santri Terhadap Pemilihan Umum Di Kecamatan Jaya Kabupaten Aceh Jaya Menjelang Pemilihan Umum 2024

Rahmat Fahrizi, 180801101 (2023) Pendidikan Politik : Persepsi Santri Terhadap Pemilihan Umum Di Kecamatan Jaya Kabupaten Aceh Jaya Menjelang Pemilihan Umum 2024. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pendidikan Politik : Persepsi Santri Terhadap Pemilihan Umum Di Kecamatan Jaya Kabupaten Aceh Jaya Menjelang Pemilihan Umum 2024] Text (Pendidikan Politik : Persepsi Santri Terhadap Pemilihan Umum Di Kecamatan Jaya Kabupaten Aceh Jaya Menjelang Pemilihan Umum 2024)
Rahmat Fahrizi, 180801101, FISIP, IP, 085297420220.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Sejalan berkembangnya demokrasi di negara Indonesia secara otomatis akan berimplikasi pada semua sektor termasuk masyarakat pesantren. Pesantren sebagai suatu lembaga yang cukup unik dengan budaya pesantren yang mampu mempertahankan kemurnian budayanya ditengah perkembangan zaman saat ini. Pada konteks politik, masyarakat pesantren tidak bisa lepas dari dinamika politik khususnya dalam menentukan arah dan pilihan politiknya. Tujuan penelitian adalah Untuk mengetahui bagaimana persepsi santri terhadap pemilihan umum di kecamatan jaya kabupaten aceh jaya. Untuk mengetahui bagaimana sikap santri terhadap pemilihan umum 2024. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan institusional. Hasil penelitian ini menunjukkan Pendidikan politik terhadap santri di pesantren di kecamatan jaya kabupaten aceh jaya secara menyeluruh bisa dikatakan sudah mendapatkan pendidikan politik yang maksimal, hal ini dapat dilihat dari para santri yang sudah mengetahui tentang pemilihan umum. Kemudian dari pemahaman ini kemudian mempengaruhi perilakunya sehingga perilaku ini akan bisa di tarik kepartisipasi dan Sikap santri terhadap pemilihan umum dapat dilihat dari perilaku santri terhadap pemilihan umum, santri menggunakan perilaku rasional dalam pemilihan umum yang mana santri melihat kemampuan dan visi misi calonnya yang bisa menguntungkan dan bermanfaat bagi masyarakat. Sehingga dengan perilaku tersebut bisa menarik perhatian santri untuk berpartisipasi dalam pemilihan umum

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: pemiliham umum, persepsi, dan santri.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 340 Law/Ilmu Hukum
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 350 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Politik
Depositing User: Rahmat Fahrizi
Date Deposited: 16 Jun 2023 03:12
Last Modified: 16 Jun 2023 03:12
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29883

Actions (login required)

View Item
View Item