Penerapan Teknik Restrukturisasi Kognitif Untuk Mereduksi Stres Akademik Siswa Di MAS Insan Qurani

Hidayatul Hayah, 170213032 (2023) Penerapan Teknik Restrukturisasi Kognitif Untuk Mereduksi Stres Akademik Siswa Di MAS Insan Qurani. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penerapan Teknik Restrukturisasi Kognitif Untuk Mereduksi Stres Akademik Siswa Di MAS Insan Qurani] Text (Penerapan Teknik Restrukturisasi Kognitif Untuk Mereduksi Stres Akademik Siswa Di MAS Insan Qurani)
Hidayatul Hayah, 170213032, FTK, BK, 081394917086.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Restrukturisasi kognitif merupakan salah satu teknik kognitif yang berada pada pendekatan cognitive behavior therapy yang menggambarkan skema perubahan pernyataan diri negatif menjadi pernyataan diri positif. Stres akademik merupakan bagian distres yaitu stres yang bersifat merusak dan dapat menyebabkan individu merasa tidak berdaya, frustasi dan, kecewa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Teknik Restrukturisasi Kognitif untuk Mereduksi Stres Akademik siswa MAS Insan Qurani. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen (One Group Pretesst Posstest Design). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala likert dengan penyebaran angket kepada seluruh siswa kelas XI MIPA-F. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas XI MIPA-F di MAS Insan Qurani, Aceh Besar. Populasi dalam penelitian ini adalah 22 orang dan menggunakan Purposive Sampling, yang menjadi sampel dalam penelitian ini berjumlah 5 orang sesuai dengan kriteria. Sampel diberikan treatment berupa konseling dengan teknik restrukturisasi kognitif. Penelitian ini menunjukan bahwa ada perbedaan antara nilai Pre-Test dan Post-Test dimana adanya penurunan nilai sesudah diberikan penerapan teknik restrukturisasi akademik yang ditunjukkan dengan hasil uji hipotesis yaitu perolehan ttabel < thitung = 2.13 < 9.70. Dari perbandingan tersebut dapat diputuskan bahwa H0 tidak dapat diterima, dengan kata lain Ha tidak dapat ditolak. Berdasarkan hasil keputusan tersebut dapat disimpulkan bahwa Teknik Restrukturisasi Kognitif dapat Mereduksi Stres Akademik siswa di MAS Insan Qurani.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Teknik Restrukturisasi Kognitif, Stres Akademik
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Konseling
Depositing User: Hidayatul Hayah
Date Deposited: 16 Jun 2023 02:59
Last Modified: 16 Jun 2023 02:59
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29885

Actions (login required)

View Item
View Item