Implementasi Disiplin Shalat Wajib Berjamaah Bagi Santriwati di Pondok Pesantren Shalahuddiin Al-munawwarah Gayo Lues

Farida Syari, 170201119 (2023) Implementasi Disiplin Shalat Wajib Berjamaah Bagi Santriwati di Pondok Pesantren Shalahuddiin Al-munawwarah Gayo Lues. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Implementasi Disiplin Shalat Wajib Berjamaah Bagi               Santriwati di Pondok Pesantren Shalahuddiin Al-munawwarah Gayo Lues] Text (Implementasi Disiplin Shalat Wajib Berjamaah Bagi Santriwati di Pondok Pesantren Shalahuddiin Al-munawwarah Gayo Lues)
Farida Syari, 170201119, FTK, PAI, 082369270445.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Shalat wajib berjamaah hukumnya berbeda ada hukum sunnah muakkad, wajib Ain dan fardu kifayah i’tikad ini berlaku untuk laki-laki, sementara itu hukum shalat berjamaah bagi perempuan adalah sunnah. Kedisiplinan Shalat Berjamaah Bagi Santriwati di Pondok Pesantren Shalahuddiin Al-munawwarah itu penting karena dampak dari kedisiplinan shalat berjamaah tersebut sangat baik dalam hal kedisiplinan kegiatan-kegiatan lain berdasarkan observasi ini realitanya, pelaksanaan shalat wajib berjamaah bagi santriwati ada yang tinggal di asrama telah mematuhi peraturan-peraturan tersebut, namun ada juga santriwati yang masih melanggarnya, adapun rumusan masalahnya adalah bagaimana Penerapan kedisiplinan Shalat Wajib Berjamaah Bagi Santriwati di Pesantren Shalahuddiin Al-munawwarah? Faktor apa saja yang mempengaruhi disiplin Shalat Wajib Berjamaah bagi Santriwati di Pesantren Shalahuddiin Al-munawwarah? Apa saja upaya yang dilakukan Ustad/Ustadzah dalam menerapkan kedisiplinan shalat wajib berjamaah? penelitian ini menggunakan metode penlitian gabungan antara penelitian kualitatif dan penelitian kuantitatif yaitu penelitian Mixing Methode dengan penjumlahan data menggunakan Teknik, Observasi, Angket, dan Wawancara. Hasil penelitian kedisiplinan shalat wajib berjamaah bagi santriwati adalah santriwati disiplin dalam melaksanakan shalat wajib berjamaah ke masjid namun ada beberapa santri yang masih terlambat dalam melaksanakan shalat ke masjid.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Farida Syari
Date Deposited: 16 Jun 2023 03:35
Last Modified: 16 Jun 2023 03:35
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29894

Actions (login required)

View Item
View Item