Manajemen Risiko Pembiayaan Zakat Infaq Shadaqah (ZIS) Produktif pada Sektor Pertanian Baitul Mal Aceh

Megawati, 140601090 (2017) Manajemen Risiko Pembiayaan Zakat Infaq Shadaqah (ZIS) Produktif pada Sektor Pertanian Baitul Mal Aceh. KKU thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Membahas tentang ZIS Produktif pada sektor pertanian Baitul Mal Aceh)
Megawati.pdf - Published Version

Download (545kB) | Preview

Abstract

Baitul Mal Aceh adalah sebuah lembaga yang memiliki kewenangan untuk menghimpun dan menyalurkan zakat. Lembaga ini beralamat dijalan T. Nyak Arief (Komplek Keistimewaan Aceh), Kec. Kuta Alam Kota Banda Aceh. Salah satu kegiatan yang dimiliki oleh lembaga ini adalah menyalurkan dana zakat kepada mustahik yang terdiri dari delapan kelompok (ASNAF). Adapun tujuan kerja praktik ini adalah untuk melihat manajemen risiko pembiayaan ZIS Produktif pada sektor pertanian Baitul Mal Aceh. Dari hasil evaluasi kerja praktik, masih ada kekurangan dalam melaksanakan manajemen risiko pembiayaan ZIS Produktif yaitu salah satunya adalah masih ada setoran angsuran bulanan yang belum begitu lancar. Dari sisi lain terdapat juga kelebihan manajemen risiko pembiayaan ZIS Produktif yang telah ditetapkan oleh Baitul Mal Aceh yang diberikan kapada masyarakat dalam bentuk modal usaha dengan menggunakan aqad Qardhul Hasan di mana pinjaman yang diberikan tanpa ada unsur bunga. Saran dari penulis Baitul Mal Aceh harus lebih selektif dalam memilih mustahik yang akan diberikan pembiayaan ZIS Produktif, sehingga program yang telah dilaksanakan berjalan dengan lancar. Manajemen risiko pembiayaan yang dilaksanakan pada Baitul Mal Aceh dengan mekanisme kerja sudah sesuai dengan syariah.

Item Type: Thesis (KKU)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Azharsyah, SE. AK., MS.OM; NIP. 197811122005011003; 2. Muhammad Arifin, Ph.D; NIP. 197410152006041002
Uncontrolled Keywords: ZIS Produktif,Pertanian, Baitul Mal Aceh
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.27 Bank, Termasuk Baitul Mal Wat Tamwil
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > D3 Perbankan Syariah
Depositing User: Megawati Tarmizi
Date Deposited: 12 Aug 2017 05:42
Last Modified: 12 Aug 2017 05:42
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/299

Actions (login required)

View Item View Item
TOP