Strategi Index Card Match Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa

Silvia Kesuma Anggraeni, 160205108 (2023) Strategi Index Card Match Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Silvia Kesuma Anggraeni, 160205108, FTK, PMA, 085216332379.pdf] Text
Silvia Kesuma Anggraeni, 160205108, FTK, PMA, 085216332379.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (19MB)

Abstract

Rendahnya motivasi belajar matematika siswa dipengaruhi oleh banyak faktor baik secara internal maupun eksternal. Salah satu fokus penelitian ini mencermati pada faktor eksternal yaitu faktor strategi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar matematika siswa pada materi segiempat melalui strategi Index Card Match. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian ekperimen semu (quasi eksperiment) dan menggunakan desain penelitian Pre-test Post-test Control Group Design. Teknik pengambilan data pada penelitian ini adalah dengan memberikan angket motivasi belajar sebelum dan sesudah pembelajaran melalui strategi Index Card Match, sedangkan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan score N-gain dan uji t independent. Pada penelitian ini yang menjadi populasi yang akan diteliti adalah seluruh siswa kelas VII MTsS Darul Hikmah tahun ajaran 2021/2022, dan sampel yang terpilih adalah dua kelas yang terdiri dari kelas VII-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-2 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa peningkatan motivasi belajar matematika siswa kelas eksperimen berada pada kriteria yang rata-ratanya tinggi. Perolehan lainnya pada penelitian ini adalah hasil pengolahan data melalui uji t memperoleh t_(hitung )= 7,66 dan diperoleh t_0,95(37) =1,684. Sehingga t_(hitung )>t_(tabel ), dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar matematika siswa kelas eksperimen lebih baik daripada motivasi belajar matematika siswa kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Silvia Kesuma Anggraeni
Date Deposited: 19 Jun 2023 02:33
Last Modified: 19 Jun 2023 02:33
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29906

Actions (login required)

View Item
View Item