Aktivitas Sosial dan Peran Anak Muda Melalui Komunitas Gusdurian dimedia Sosial

Khairul Mirza, 170305066 (2022) Aktivitas Sosial dan Peran Anak Muda Melalui Komunitas Gusdurian dimedia Sosial. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Aktivitas Sosial dan Peran Anak Muda Melalui Komunitas Gusdurian dimedia Sosial] Text (Aktivitas Sosial dan Peran Anak Muda Melalui Komunitas Gusdurian dimedia Sosial)
Khairul Mirza, 170305066, FUF, SA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Skripsi ini mendeskripsikan tentang konsep-konsep Islam yang dikembangkan oleh Gus Dur dan kegiatan kampanye aktivitas sosial keagamaan melalui media sosial Instagram, facebook,youtoube dan twitter komunitas Gusdurian,sehingga dalam mengkampanyekan aktivitas sosial keagamaan melalui media sosial peneliti menyebutkan faktor pendukung dan penghambat komunitas Gusdurian dalam mengkampanyekan ke media sosial komunitas Gusdurian.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana konsep Islam yang dikembangkan oleh Gus Dur dan kampanye apa saja yang dilakukan oleh komunitas Gusdurian tentang aktivitas sosial keagamaan dan juga untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam mengkampanyekan aktivitas sosial. Sehingga dapat mengetahui secara mendalam tentang komunitas Gusdurian. Informan dalam penelitian ini merupakan orang yang bergabung dalam komunitas Gusdurian,orang berpartisipasi terhadap komunitas Gusdurian, sehingga penelitian memfokuskan ke media sosial dan informan dalam penelitian ini diteliti secara online dan beberarapa informan diteliti secara langsung.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa banyak aktivitas secara online yang dilakukan oleh komunitas Gusdurian seperti tentang keagamaan,gender,sosial yang dapat didiskusikan melalui media sosial,aktivitas Gusdurian juga ada dilakukan secara langsung seperti membantu korban bencana alam.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Sosiologi Agama
Depositing User: Khairul Mirza Mirza
Date Deposited: 19 Jun 2023 02:57
Last Modified: 19 Jun 2023 02:57
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29913

Actions (login required)

View Item
View Item