Karakteristik Streetscape Koridor Komersial Jalan Jend. Ahmad Yani

Cut Rahmawati Husnur, 170701179 (2022) Karakteristik Streetscape Koridor Komersial Jalan Jend. Ahmad Yani. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Karakteristik Streetscape Koridor Komersial Jalan Jend. Ahmad Yani] Text (Karakteristik Streetscape Koridor Komersial Jalan Jend. Ahmad Yani)
Cut Rahmawati Husnur.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Kota Banda Aceh menjadi pusat dari kegiatan, salah satunya perdagangan. Peunayong merupakan kawasan perdagangan dan jasa di kota Banda Aceh yang banyak menawarkan fasilitas perdagangan. Berbeda dengan kawasan perdagangan lainnya, kawasan ini merupakan kawasan pecinan (Chinatown) yang memiliki langgam ruko yang berbeda dengan adanya percampuran arsitektur Tionghoa dan Kolonial Belanda membuat citra kawasan menjadi khas dan sangat unik. Kehadiran kawasan ini membuat koridor komersial perlu diperhatikan sehingga perancangan koridor jalan memerlukan identifikasi elemen fisik dan non fisik dari streetscape. Maka dari itu, dibutuhkan sebuah penelitian yang bertujuan untuk mengidentifikasi lebih dalam lagi terkait elemen-elemen fisik dan non fisik yang dapat memembentuk karakteristik streetscape pada koridor Jl. Jend Ahmad Yani yang berada pada Gampong Peunayong. Penelitian menggunakan motode kualitatif deskriptif dan observasi. Pemilihan metode ini dilakukan untuk menemukan hasil observasi dari data deskriptif yang berupa dokumentasi dalam bentuk foto dan gambar pada koridor jalan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada koridor jalan Jend. Ahmad Yani memiliki karakteristik streetscape yang belum lengkap, namun terlepas dari itu koridor ini masih memiliki karakteristik koridor komersial pada area pecinan. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi informasi yang berguna bagi berbagai rencana pembangunan koridor.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 690 Construction of Buildings (Konstruksi Bangunan)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Arsitek
Depositing User: Cut Rahmawati Husnur icut
Date Deposited: 19 Jun 2023 03:01
Last Modified: 19 Jun 2023 03:01
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29915

Actions (login required)

View Item
View Item