Abu Qaharuddin Kombih dan Perannya dalam Pengembangan Sosial Keagamaan di Kota Subulussalam.

Ramadan, 180305109 (2022) Abu Qaharuddin Kombih dan Perannya dalam Pengembangan Sosial Keagamaan di Kota Subulussalam. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Abu Qaharuddin Kombih Dan Perannya Dalam  Pengembangan Sosial Keagamaan] Text (Abu Qaharuddin Kombih Dan Perannya Dalam Pengembangan Sosial Keagamaan)
Ramadan, 180305109, FUF, SA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Ulama adalah pemuka agama yang memiliki peran untuk membimbing dan membina umat, seperti yang dilakukan oleh Abu Qaharuddin Kombih yang memiliki peran dalam sosial keagamaan di Kota Subulussalam. Fokus dalam penelitian ini ialah Abu Qaharuddin Kombih dan peranannya dalam pengembangan sosial keagamaan di Kota Subulussalam. Tujuan dan Manfaat penelitian skripsi ini ialah untuk mengetahui deskripsi kehidupan dan ide pemikiran Abu Qaharuddin Kombih di Kota Subulussalam, sedangkan manfaatnya adalah dapat dijadikan pengetahuan bagi penulis dan orang lain juga, bahwa sangat penting mengetahui peran seorang tokoh keagamaan yang bisa dijadikan suatu model atau sebagai suri tauladan yang bisa dicontoh dalam kehidupan baik secara individu maupun dalam bermasyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah mengunakan pendekatan kualitatif, dalam pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan wawancara. Hasil Penelitian ini ialah bahwa sosok Abu Qaharuddin Kombih memiliki peran dalam sosial keagamaan di Kota Subulussalam memiliki dampak positif yang dirasakan oleh masyarakat, kehadiran beliau sangat penting bagi masyarakat dalam dunia pendidikan dan dalam sosial keagamaan. Peran beliau pernah aktif dalam MPU Kota Subulussalam, pernah menjadi anggota MPU Provinsi Aceh salah satu perwakilan Kota Subulussalam. Tidak hanya sebagai MPU, Abu Qaharuddin Kombih juga memiliki peran mendirikan Dayah dan Zikir tawajjuh di Kota Subulussalam.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Sosiologi Agama
Depositing User: Ramadan Madan
Date Deposited: 19 Jun 2023 02:59
Last Modified: 19 Jun 2023 02:59
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29916

Actions (login required)

View Item
View Item