Pemahaman Remaja Putri terhadap Ayat-Ayat Berpakaian Islami dan Pengamalannya di Gampong Keumumu Hulu Kecamatan Labuhanhaji Timur Aceh Selatan

Siti Hajari Miranti, 190303011 (2023) Pemahaman Remaja Putri terhadap Ayat-Ayat Berpakaian Islami dan Pengamalannya di Gampong Keumumu Hulu Kecamatan Labuhanhaji Timur Aceh Selatan. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pakaian Islami] Text (Pakaian Islami)
Siti Hajari Miranti, 190303011, FUF, IAT.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini berangkat dari remaja putri di Gampong Keumumu Hulu, yang kelihatannya sudah banyak memakai pakaian islami tetapi sebagian remaja putri lainnya belum konsisten dalam memakai pakaian islami untuk menutup aurat. Mereka menutup aurat hanya ketika berada di tempat-tempat umum atau ketika hendak melakukan aktivitas bepergian, namun ketika berada di sekitaran rumah, mereka tidak menutup aurat dengan berpakaian islami. Seharusnya pakaian islami wajib dipakai oleh wanita muslimah dimanapun mereka berada selama bertemu dengan yang bukan mahram. Tetapi pada kenyataannya, sebagian remaja putri di gampong ini hanya memakai pakaian islami di tempat-tempat tertentu saja. Oleh karena itulah penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pemahaman remaja putri terhadap ayat-ayat berpakaian islami dan pengamalan remaja putri terhadap ayat-ayat berpakaian islami di Gampong Keumumu Hulu, Kecamatan Labuhanhaji Timur, Aceh Selatan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (Field Research). Data penelitian lapangan dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, selanjutnya dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman remaja putri terkait makna berpakaian islami, hukum memakainya, hikmah serta kriteria dan contoh pakaian islami remaja putri pada Gampong Keumumu sudah mengetahui dan memahami hal tersebut, sedangkan pemahaman remaja putri mengenai perintah memakai pakaian islami, disimpulkan bahwa empat orang remaja putri memakai pakaian islami berdasarkan kepada pemahaman atas ayat Alquran dan mendengar ceramah dari teungku di pesantren, dan enam orang yang lain memakai pakaian islami karena orang tua, dan pengaruh lingkungan pesantren. Pengamalan remaja putri terkait berpakaian islami di lingkungan rumah, enam orang dari sepuluh informan belum menggunakan pakaian islami, sedangkan empat orang yang lain mereka sudah benar-benar berpakaian islami. Adapun pengamalan remaja putri terkait berpakaian islami di tempat-tempat umum atau keramaian, dari sepuluh orang remaja putri mereka sudah berpakaian islami.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X1 Al-Qur'an dan ilmu yang berkaitan
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X1 Al-Qur'an dan ilmu yang berkaitan > 2X1.3 Tafsir Al-Qur'an
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Siti Hajari Miranti Mira
Date Deposited: 20 Jun 2023 02:31
Last Modified: 20 Jun 2023 02:31
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29920

Actions (login required)

View Item
View Item