Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa SMP/MTs

Firda Gusvina, 261324546 (2018) Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa SMP/MTs. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Mengenai tentang Model Pembelajaran]
Preview
Text (Mengenai tentang Model Pembelajaran)
FIRDA GUSVINA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (16MB) | Preview
[thumbnail of From B dan From D.pdf]
Preview
Text
From B dan From D.pdf

Download (813kB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran matematika yang dilaksana di sekolah masih berpusat pada guru, dimana kegiatan belajar mengajar didominasi oleh guru dan siswa hanya mendengar, mencatat dan mengerjakan soal latihan yang diberikan oleh guru. Hal tersebut berdampak hasil belajar siswa masih tergolong rendah, termasuk hasil belajar pada materi statistika. Oleh karena itu guru seharusnya menggunakan model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satu model yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa adalah model pembelajaran Discovery Learning. Model Pembelajaran Discovery Learning ini mengutamakan kegiatan siswa menemukan sendiri konsep matematika, berdasarkan materi yang sedang dipelajari dan dapat melatih siswa dalam mengingat materi yang sudah dipelajari. Untuk itu, dilakukan penelitian untuk mengkaji pengaruh model Discovery Learning terhadap hasil belajar matematika siswa. Adapun tujuan peneliti adalah (1) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika siswa SMP/MTs yang diajarkan dengan model Discovery Learning, (2) untuk mengetahui hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model Discovery Learning lebih baik dari pada yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Quasi eksperimen. Populasi data penelitian ini adalah kelas VII SMP Negeri 3 Babahrot dan sampel diambil secara acak dan hasilnya dipilih kelas VII/A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII/B sebagai kelas kontrol. Data yang dikumpulkan melalui pre-test dan pos-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Berdasarkan hasil uji hipotesis pertama diperoleh thitung lebih dari ttabel yaitu 11,8887 > 1,71, dapat disimpulkan bahwa model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa, (2) Berdasarkan hasil uji hipotesis kedua, diperoleh t_(hitung )>t_(tabel ) yaitu 3,1191 > 1,68, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang diajarkan dengan model Discovery Learning lebih baik dari hasil belajar siswa dengan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr. M. Duskri, M.Kes; 2. Lasmi, S.Si, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Discovery Learning
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Firdaa Gusvinaa
Date Deposited: 20 Mar 2018 02:24
Last Modified: 20 Mar 2018 02:24
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2993

Actions (login required)

View Item
View Item