Memperkaya mufradat dengan menggunakan Kamus Tematik Indonesia Arab (Penelitian Eksperimen di Pesantren Darul Arafah Raya Medan)

Khairul Rezana, 180202056 (2023) Memperkaya mufradat dengan menggunakan Kamus Tematik Indonesia Arab (Penelitian Eksperimen di Pesantren Darul Arafah Raya Medan). Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang pendidikan Bahasa Arab] Text (Membahas tentang pendidikan Bahasa Arab)
Khairul Rezana, 180202056, FTK, PBA, 082230829183 .pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Berdasarkan pengamatan yang dilakukan oleh peneliti, sebagian besar siswa di Ma’had Darul Arafah merasa kesulitan untuk menemukan kosa kata yang mereka hafalkan di kamus lain ketika muhadatsah. Untuk mengatasi masalah tersebut, peneliti ingin mengetahui kamus yang berbeda, yaitu kamus موضوعي Indonesia-Arab, untuk memperkaya kosa kata siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi keefektifan Kamus موضوعي Indonesia-Arab untuk memperkaya kosa kata siswa dan respon siswa terhadap penggunaan Kamus موضوعي Indonesia-Arab. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian eksperimen (One Group Pretest Posttest Design). Dalam pengumpulan data, peneliti melakukan pre dan post test serta observasi langsung. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di sekolah menengah Darul Arafah Institute Medan Raya, peneliti mengambil sampel pada bab sembilan yang berjumlah 30 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan kamus bahasa Indonesia-Arab موضوعي efektif dalam memperkaya kosa kata siswa. Hal ini terlihat dari hasil uji T yang menunjukkan tingkat signifikansi Sig. (2-tailed) 0,00, yang lebih rendah dari hasil tingkat signifikansi 0,05. Proses pembelajaran siswa dalam menggunakan kamus موضوعي Indonesia-Arab di Darul Arafah Institute sangat baik. Hasil proses belajar siswa sebesar 87,5% dengan nilai sangat baik, karena siswa mendengarkan guru dengan baik, aktif menghafal kosa kata, dan senang belajar menggunakan kamus موضوعي Indonesia-Arab.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Khairul Rezana
Date Deposited: 20 Jun 2023 02:51
Last Modified: 20 Jun 2023 02:51
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29947

Actions (login required)

View Item
View Item