Perancangan Aplikasi Sebaran Lokasi Wisata Kuliner Berbasis Location Based Service (Lbs) Pada Platform Android Di Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Kabupaten Pidie

Muhammad Nur Riski, 170212077 (2023) Perancangan Aplikasi Sebaran Lokasi Wisata Kuliner Berbasis Location Based Service (Lbs) Pada Platform Android Di Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Kabupaten Pidie. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Perancangan Aplikasi Sebaran Lokasi Wisata Kuliner Berbasis Location Based Service (Lbs) Pada Platform Android Di Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan  Kabupaten Pidie] Text (Perancangan Aplikasi Sebaran Lokasi Wisata Kuliner Berbasis Location Based Service (Lbs) Pada Platform Android Di Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Kabupaten Pidie)
Muhammad Nur Riski, 170212077, FTK, PTI, 082195229747.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Kabupaten Pidie adalah sebuah kabupaten yang berada di Aceh dimana di kabupaten tersebut banyak wisatawan yang melancong dan banyak juga kuliner yang belum terekspos oleh kalangan orang yang melancong hal ini terjadi karena minimnya informasi yang ada. Oleh karena itu informasi wisata kuliner sangatlah penting bagi wisatawan yang sedang melancong, dengan adanya informasi wisata kuliner wisatawan bisa melihat dimana saja terletak wisata kuliner di kota tersebut. Dan dengan hadirnya aplikasi wista kuliner ini dapat membatu pengguna dalam mencari tempat wisata kuliner. Dengan rumusan masalah: 1). Bagaimana merancang aplikasi wisata kuliner dengan menggabungkan teknologi LBS, GPS dan juga internet pada smartphone android di kabupaten Pidie. 2). Bagaimana menguji tingkat kemudahan menggunakan aplikasi wisata kuliner ini dengan menngunakan metode pengujian system Usability Scale (SUS). Dalam riset ini metode penelitian yang digunakan merupakan metode Research and Development (R&D). Jenis riset ini bertujuan buat mengembangkan dan memvalidasi produk dengan metode waterfall untuk pengembangan sistem dengan tahapan yang sistematis dan teratur. Dalam upaya menciptakan produk terbaru yang berkualitas dan sangat layak diterima oleh berbagai masyarakat luas, sangat perlu melakukan suatu uji efektifitas dari kualitas produk baru yang dirancang. Untuk melakukan penelitian ini dalam rangka menguji kualitas dari aplikasi yang sudah dirancang guna mengetahui kemudahan dalam penggunaannya untuk menjalankan atau mengoperasikan aplikasi ini dengan menggunakan metode System Usability Scale (SUS) merupakan kuesioner yang dapat digunakan untuk mengukur usability sistem imformasi menurut sudut pandang subyektif pengguna. Berdasarkan hasil pengujian aplikasi wisata kuliner pidie dengan metode SUS pada pengujian usabillity testing mendapatkan percentile rank grade A dengan skor hasil akhir 80,9 menunjukkan bahwa aplikasi wisata kuliner pidie dapat digunakan dengan mudah oleh pengguna.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Wisata Kuliner, Kabupaten Pidie, Waterffal, Android, Location Based Service (Lbs), System Usability Scale (SUS)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnologi Informasi
Depositing User: Muhammad Nur Riski
Date Deposited: 20 Jun 2023 02:49
Last Modified: 20 Jun 2023 02:49
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29948

Actions (login required)

View Item
View Item