Peran Pondok Pesantren Darussa’adah Terhadap Pendapatan Pelaku UMKM di Gampong Sukon Mesjid Kecamatan Glumpang Tiga Kapubaten Pidie.

Arief Fadhillah, 180602083 (2023) Peran Pondok Pesantren Darussa’adah Terhadap Pendapatan Pelaku UMKM di Gampong Sukon Mesjid Kecamatan Glumpang Tiga Kapubaten Pidie. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Peran Pondok Pesantren Darussa’adah Terhadap Pendapatan Pelaku UMKM di Gampong Sukon Mesjid Kecamatan Glumpang Tiga Kapubaten Pidie.] Text (Peran Pondok Pesantren Darussa’adah Terhadap Pendapatan Pelaku UMKM di Gampong Sukon Mesjid Kecamatan Glumpang Tiga Kapubaten Pidie.)
Arief Fadhillah, 180602083, FEBI, ES, 085270741452.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Pesantren merupakan lembaga pendidikan Islam tertua di Indonesia yang hari ini berusaha mengubah masa depan pesantren, dengan perantara jalur pendidikan yang mampu menghasilkan sumber daya manusia yang berpengetahuan luas, menguasai segala bidang ilmu pengetahuan dan mampu memperbanyak potensi santri dan masyarakat. Tujuan dari penelitian ini mengetahui peran Pondok Pesantren Darussa’adah dalam meningkatan pendapatan pelaku UMKM dan mengetahui peningkatan pendapatan pelaku UMKM di sekitar Pondok Pesantren Darussa’adah. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendapatan pelaku UMKM di sekitar Pondok Pesantren Darussa’adah setiap bulannya mengalami peningkatan. Hal itu dapat dibuktikan dengan perannya yang memberikan kesempatan kepada para pelaku UMKM, mempromosikan produk atau jasanya. Pelaku UMKM Gampong Sukon Mesjid Kecamatan Glumpang Tiga Kabupaten Pidie memanfaatkan banyaknya santri yang tinggal di Pondok Pesantren Darussa’adah dengan membuka usaha-usaha dan ada yang menitipkan produk-produknya di koperasi Pondok Pesantren Darussa’adah. Dengan demikian, hal itu mampu meningkatkan pendapatan ekonomi para pelaku UMKM di Gampong Sukon Mesjid Kecamatan Glumpang Tiga Kabupaten Pidie setiap bulannya, yang berefek pada terpenuhinya kebutuhan hidup dan rumah tangga pelaku UMKM.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Arief Fadhillah
Date Deposited: 20 Jun 2023 02:50
Last Modified: 20 Jun 2023 02:50
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29950

Actions (login required)

View Item
View Item