Strategi Pembelajaran Kitab Kuning di Dayah Mini Alue Naga Banda Aceh

Suhaimy, 201003004 (2022) Strategi Pembelajaran Kitab Kuning di Dayah Mini Alue Naga Banda Aceh. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Strategi Pembelajaran Kitab Kuning di Dayah Mini Alue Naga Banda Aceh] Text (Strategi Pembelajaran Kitab Kuning di Dayah Mini Alue Naga Banda Aceh)
Suhaimy, 201003004, PASCA, PAI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Dayah Mini Alue Naga merupakan dayah klasik bernuansa modern santri di dayah Mini belajar kitab kuning, selain itu santri juga belajar bahasa Arab tidak seperti dayah salafi lainnya. Proses kaderisasi santri dalam belajar yang akan dipersiapkan untuk guru di Dayah Mini kedepannya. Tujuan Penelitian dalam tesis ini yaitu untuk mengetahui Implementasi strategi pembelajaran kitab kuning di Dayah Mini Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, untuk mendapatkan data yang akurat dan terpercaya, hal ini dilakukan dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang digunakan dalam pembelajaran kitab kuning di dayah Mini Alue Naga yaitu: belajar aktif, metode variatif, motivasi guru aktif, pembelajaran demokratis, reaksi nyata dalam belajar, pendekatan belajar yang bervariasi, memiliki pola belajar aktif dan adanya rancangan penilaian dan pengayaan. Adapun faktor pendukung dan penghambat dalam menerapkan strategi pembelajaran yaitu, Pertama, faktor pendukung di mana terlihat bahwa alumni dayah yang menjadi guru, lingkungan yang bebas, lingkungan yang mudah terkontrol, serta semanagat santri dalam belajar kitab kuning. Kedua, faktor penghambat hal paling signifikan dari penghambat ini adalah kurangnya dewan guru dan dari segi sarana dan prasarana di mana belum memadai masih banyak kekurangan fasilitas dan ini manjadi perhartian utama.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X1 Al-Qur'an dan ilmu yang berkaitan
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Suhaimy Suhaimy
Date Deposited: 20 Jun 2023 03:00
Last Modified: 20 Jun 2023 03:00
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29953

Actions (login required)

View Item
View Item