Penggunaan Ayat-ayat Al-Qur’an untuk Terapi Mental di Islamic Therapy Center (ITC) Lamnyong Syiah Kuala Banda Aceh

Siti Humaira, 190303054 (2023) Penggunaan Ayat-ayat Al-Qur’an untuk Terapi Mental di Islamic Therapy Center (ITC) Lamnyong Syiah Kuala Banda Aceh. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Penggunaan Ayat-ayat Al-Qur’an Untuk Terapi Mental di Islamic Therapy] Text (Penggunaan Ayat-ayat Al-Qur’an Untuk Terapi Mental di Islamic Therapy)
Siti Humaira, 190303054, FUF, IAT.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Islamic Therapy Center (ITC) merupakan pusat pengobatan dengan menggunakan ayat-ayat Al-Qur’an yang berada di Lamnyong Banda Aceh. Pengobatan ruqyah sudah ada sejak masa Nabi, akan tetapi ketika Nabi terkena sihir proses pengobatannya hanya dengan membacakan Surah al-Mu‘awwiżataīn saja, berbeda dengan dengan klinik ITC pengobatan dengan 2 surah tersebut tidak hanya dibacakan untuk gangguan sihir saja akan tetapi untuk penyakit-penyakit lain serta ada tambahan ayat pilihan lainnya sebagai pelengkap. Terapi Mental merupakan cara menyembuhkan konflik batin seseorang yang disebabkan oleh pribadi yang merasa aneh dalam pemikirannya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses pengobatan, praktik, serta dampak yang dirasakan oleh pasien setelah terapi. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sedangkan Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara serta dokumentasi. Adapun tahap analisis penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan ada dua paket yang digunakan untuk terapi mental yaitu paket mini/simpel untuk penderita penyakit ringan dan paket sunnah untuk penderita penyakit berat. Dampak dari setelah pembacaan Surah al-Mu‘awwiżataīn dan ayat-ayat pilihan lainnya kepada pasien yaitu pasien merasa puas dengan terapinya, merasa sembuh, merasa lebih percaya diri serta merasakan kenyamanan saat melakukan terapi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X1 Al-Qur'an dan ilmu yang berkaitan
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X1 Al-Qur'an dan ilmu yang berkaitan > 2X1.3 Tafsir Al-Qur'an
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Siti Humaira Humaira
Date Deposited: 20 Jun 2023 03:04
Last Modified: 20 Jun 2023 03:04
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29955

Actions (login required)

View Item
View Item