Persepsi Masyarakat Dalam Pengambilan Keputusan Menggunakan Produk Ar Rahn Di Pegadaian Syariah (Studi Kasus Desa Padang Baru, Kecamatan Susoh, Kabupaten Abdya)

Shahilah Erona, 180602208 (2022) Persepsi Masyarakat Dalam Pengambilan Keputusan Menggunakan Produk Ar Rahn Di Pegadaian Syariah (Studi Kasus Desa Padang Baru, Kecamatan Susoh, Kabupaten Abdya). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Persepsi Masyarakat Dalam Pengambilan Keputusan Menggunakan Produk Ar Rahn Di Pegadaian Syariah] Text (Persepsi Masyarakat Dalam Pengambilan Keputusan Menggunakan Produk Ar Rahn Di Pegadaian Syariah)
Shahilah Eronna, 180602208, FEBI, ES.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Gadai merupakan salah satu kategori dari perjanjian hutang-piutang, atau dapat dikatakan juga suatu sarana tolong menolong bagi umat muslim yang dimana transaksi didalamnya tidak mensyaratkan adanya imbalan jasa. Berdasarkan observasi awal peneliti ingin tahu sejauh mana persepsi masyarakat terhadap Pegadaian Syariah, dasar hukum dan produk gadai syariah, yang dimana persepsi masyarakat terhadap gadai sangatlah berpengaruh atas pengambilan keputusan produk yang digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi masyarakat dalam memutuskan untuk menggunakan produk Rahn di Pegadaian Syariah. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode kualitatif deskriptif, yaitu merangkai dengan kata-kata atau kalimat yang sistematis, data yang diperoleh langsung dari lapangan untuk memperoleh kesimpulan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan wawancara (interview) dan dokumentasi data-data dari profil desa, informan dalam peneltian ini adalah masyarakat Desa Padang Baru yang telah menjadi nasabah di Pegadaian CPS Blangpidie. Hasil penelitian dari ke 15 informan yang menjawab tentang persepsi pegadaian syariah sudah 100% mereka tahu terhadap pegadaian syariah. terhadap produk gadai syariah 87% yang sudah jauh lebih tahu tentang gadai syariah, 13 persennya lagi yang masih kurang tahu terhadap gadai syariah. Lalu 73% yang mengetahui dan 27% lainnya yang kurang mengetahui atau tidak tau sama sekali terhadap dasar hukum gadai syariah. Pelayanan karyawan pegadaian syariah CPS Blangpidie 100% sudah sangat puas dan baik. 100% dari ke 15 informan tersebut telah memutuskan untuk menggunakan produk gadai syariah karena mereka mengalami kesulitan ekonomi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Shahila Erona Shila
Date Deposited: 20 Jun 2023 03:06
Last Modified: 20 Jun 2023 03:06
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29959

Actions (login required)

View Item
View Item