Learning Organization Dalam Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik di SMP Negeri Badar Aceh Tenggara.

Desi Yoga, 190206078 (2023) Learning Organization Dalam Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik di SMP Negeri Badar Aceh Tenggara. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Learning Organization Dalam Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik di SMP Negeri Badar Aceh Tenggara.] Text (Learning Organization Dalam Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik di SMP Negeri Badar Aceh Tenggara.)
DESI YOGA 1 (1).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

SMP Negeri 1 Badar Aceh Tenggara merupakan sekolah yang sudah menerapkan learning organization dalam pembentukan karakter religius peserta didik, namun dalam pelaksanaannya masih belum maksimal disebabkan oleh beberapa faktor yang mempengaruhinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan langkah-langkah, peran kepala sekolah, dan faktor yang mempengaruhi pembentukan karakter religius peserta didik melalui learning organization di SMP Negeri 1 Badar Aceh Tenggara. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, sedangkan analisis data menggunakan analisis Miles dan Huberman. Teknik pengumpulan data mengunakan, dokumentasi, wawancara, observasi. Subjek penelitian ini adalah, kepala sekolah, guru dan peserta didik SMP Negeri 1 Badar Aceh Tenggara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa langkah-langkah pembentukan karakter religius peserta didik melalui learning organization yaitu, menyusun program kegiatan, mensosialisasikan program kegiatan, membiasakan pelaksanaan program kegiatan, mendukung pelaksanaan program kegiatan, menegakan kedisiplinan pelaksanaan program kegiatan, dan mengevaluasi pelaksanaan program kegiatan pembentukan karakter religius peserta didik. Peran kepala sekolah dalam pembentukan karakter religius peserta didik melalui learning organization yaitu sebagai seorang mentor yang menyampaikan informasi, memberi bimbingan dan arahan, sebagai seorang motivator yang memberi dorongan semangat untuk berpartisipasi dan aktif, sebagai seorang leader yang memimpin dalam setiap kegiatan koordinasi, sebagai seorang manajer yang memimpin dalam mengorganisir seluruh perencanaan dan perumusan, sebagai seorang administrator yang memberi dukungan baik itu dalam bentuk fasilitas maupun anggaran, dan sebagai seorang supervisor yang melakukan upaya pengawasan, evaluasi, dan penegakkan disiplin terkait dengan program pembentukan karakter religius peserta didik. Faktor yang mempengaruhi pembentukan karakter religius peserta didik melalui learning organization yaitu lingkungan sekolah, budaya sekolah, kepemimpinan kepala sekolah, dan pembinaan dari keluarga peserta didik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Desi Yoga Yoga
Date Deposited: 20 Jun 2023 03:10
Last Modified: 20 Jun 2023 03:10
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29966

Actions (login required)

View Item
View Item