Kerukunan Antar Etnis Jawa, Sunda dan Batak di Desa Babussalam Kecamatan Marbau Kabupaten Labuhanbatu Utara.

Nurul Meili Fanny, 180702003 (2022) Kerukunan Antar Etnis Jawa, Sunda dan Batak di Desa Babussalam Kecamatan Marbau Kabupaten Labuhanbatu Utara. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Kerukunan Antar Etnis Jawa, Sunda dan Batak di Desa Babussalam Kecamatan Marbau Kabupaten Labuhanbatu Utara.] Text (Kerukunan Antar Etnis Jawa, Sunda dan Batak di Desa Babussalam Kecamatan Marbau Kabupaten Labuhanbatu Utara.)
Nurul Meili Fanny, 180501018, FAH, SKI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul Kerukunan Antar Etnis Jawa, Sunda dan Batak di Desa Babussalam Kecamatan Marbau Kabupaten Labuhanbatu Utara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor apa saja yang melatarbelakangi kerukunan yang terjalin di Desa Babussalam, bagaimana ketiga etnis Jawa, Sunda dan Batak menjaga keharmonisan dalam bermasyarakat dan bagaimana interaksi sosial antar etnis Jawa, Sunda dan Batak di Desa Babussalam ini terjadi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Adapun teknik penelitian ini yaitu dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini yaitu : Ada beberapa faktor yang menjadi latar belakang kerukunan di Desa Babussalam, seperti dalam bidang sosial dan ekonomi, dalam bidang pendidikan dan dalam bidang keagamaan. Menjaga keharmonisan dalam masyarakat yang memiliki ketiga etnis ini adalah dengan saling menghormati, kebebasan dalam berpendapat, tolong menolong, selalu berprasangka baik dan menciptakan suasana yang hangat. Interaksi sosial yang terjalin di Desa Babussalam ini cukup baik, karena sejatinya manusia adalah makhluk sosial yang memerlukan bantuan orang lain dan tidak bisa hidup sendiri.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X9 Sejarah Islam dan Biografi
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Sejarah dan Kebudayaan Islam
Depositing User: Nurul Meili Fanny Meli
Date Deposited: 20 Jun 2023 03:09
Last Modified: 20 Jun 2023 03:09
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29967

Actions (login required)

View Item
View Item