Peran Badan Usaha Milik Gampong Dalam Mengentaskan Kemiskinan Melalui Pemanfaatan Potensi Lokal (Studi Di Gampong Sepang Kecamatan Blangkejeren Kabupaten Gayo Lues)

Julita Wati, 180404028 (2023) Peran Badan Usaha Milik Gampong Dalam Mengentaskan Kemiskinan Melalui Pemanfaatan Potensi Lokal (Studi Di Gampong Sepang Kecamatan Blangkejeren Kabupaten Gayo Lues). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

[thumbnail of Peran Badan Usaha Milik Gampong Dalam Mengentaskan Kemiskinan Melalui Pemanfaatan Potensi Lokal (Studi Di Gampong Sepang Kecamatan Blangkejeren Kabupaten Gayo Lues)] Text (Peran Badan Usaha Milik Gampong Dalam Mengentaskan Kemiskinan Melalui Pemanfaatan Potensi Lokal (Studi Di Gampong Sepang Kecamatan Blangkejeren Kabupaten Gayo Lues))
Julita Wati, 180404028, FDK, PMI, 085260636857.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Badan Usaha Milik Gampong atau sering disebut dengan BUMG adalah sebuah lembaga usaha Gampong yang dikelola oleh masyarakat dan pemerintahan Gampong dalam upaya memperkuat ekonomi Gampong dan dibentuk berdasarkan kebutuhan dan potensi Gampong. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Peran Badan Usaha Milik Gampong dalam mengentaskan kemiskinan di Gampong Sepang Kecamatan Blangkejeren Kabupaten Gayo Lues melalui pemanfaatan potensi lokal. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif untuk mengkaji Peran Badan Usaha Milik Gampong dalam mengentaskan kemiskinan di Gampong Sepang Kecamatan Blangkejeren Kabupaten Gayo Lues melalui pemanfaatan potensi Lokal. Teknik pengumpulan data dengan cara melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Potensi milik Gampong dalam mengentaskan kemiskinan dengan memanfaatkan potensi lokal dari masyarakat dari hasil pertanian (2)Program BUMG dalam mengentaskan kemiskinan dengan memanfaatkan potensi lokal dengan mengarahkan masyarakat untuk memanfaatkan potensi lokal di Gampong Sepang melalui pemberian modal usaha, pelatihan, serta memotivasi masyarakat untuk lebih maju (3) peran BUMG dalam mengentaskan kemiskinan dengan memanfaatkan potensi lokal di Gampong Sepang Kecamatan Blangkejeren Kabupaten Gayo Lues meliputi tiga bidang yaitu lingkungan,Sosial dan ekonomi yang meliputi dengan pemanfaatan potensi lokal. Dan yang paling penting diunggulkan yaitu manfaatnya dirasakan langsung oleh masyarakat Gampong Sepang Kecamatan Blangkejeren Kabupaten Gayo Lues.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Julita Wati
Date Deposited: 20 Jun 2023 03:09
Last Modified: 20 Jun 2023 03:09
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29969

Actions (login required)

View Item
View Item