Peran Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat untuk Membuat Akta Kematian Di Kota Sibolga Sumatera Utara

Nelly Hapsa Setiawati, 180802081 (2023) Peran Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat untuk Membuat Akta Kematian Di Kota Sibolga Sumatera Utara. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Akta Kematian] Text (Akta Kematian)
Nelly Hapsa Setiawati, 180802081, FISIP, IAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Setiap masyarakat wajib melaporkan peristiwa penting yang terjadi, mulai dari peristiwa lahir hingga peristiwa kematian. Kepemilikan akta kematian bagi anggota keluarga penduduk yang telah meninggal menjadi bukti yang jelas terkait peristiwa tersebut sehingga hak hukum seseorang jelas. Partisipasi masyarakat Kota Sibolga terhadap pembuatan akta kematian perlu diperhatikan. Sebagian masyarakat Kota Sibolga masih menganggap akta kematian itu tidak terlalu penting. Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana peran Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Sibolga dalam meningkatkan partisipasi masyarakat untuk membuat akta kematian, dan apa kendala Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Sibolga dalam meningkatkan partisipasi masyarakat untuk membuat akta kematian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat beberapa peran yang dilakukan DISDUKCAPIL Kota Sibolga dalam meningkatkan partisipasi masyarakat untuk membuat akta kematian seperti melakukan sosialisasi administrasi kematian terhadap masyarakat dan kelurahan di Kota Sibolga, adanya santunan duka, menjalin MOU dengan instansi-instansi yang bekerjasama dengan DISDUKCAPIL Kota Sibolga, serta menyederhanakan prosedur dan persyaratan dalam membuat akta kematian. Namun masih terdapat beberapa kendala yang berasal dari eksternal dan internal Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Sibolga, seperti minimnya pelapor dari luar kota, pelaporan kematian tidak pada tahun yang sama, serta tidak memberikan sanksi terhadap pelapor yang melampaui batas ditentukan sehingga belum mencapai tujuan yang tepat. Kesimpulan dari penelitian ini, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Sibolga telah melakukan beberapa peran dalam meningkatkan partisipasi masyarakat untuk membuat akta kematian serta melakukan kerjasama dengan instansi-instansi terkait meningkatkan partisispasi masyarakat tersebut.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Nelly Hapsa Setiawati Nelly
Date Deposited: 20 Jun 2023 03:23
Last Modified: 20 Jun 2023 03:23
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29970

Actions (login required)

View Item
View Item