Identifikasi Perilaku Sukses Pada Pasangan Suami Istri Yang Menikah Muda Di Kecamatan Bebesen Kab. Aceh Tengah (Studi Deskriptif Analitis Terhadap Pasangan Menikah Muda Yang Telah Mencapai Usia Pernikahan Lebih Dari 20 Tahun)

Handayani, 180402023 (2023) Identifikasi Perilaku Sukses Pada Pasangan Suami Istri Yang Menikah Muda Di Kecamatan Bebesen Kab. Aceh Tengah (Studi Deskriptif Analitis Terhadap Pasangan Menikah Muda Yang Telah Mencapai Usia Pernikahan Lebih Dari 20 Tahun). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

[thumbnail of Identifikasi Perilaku Sukses Pada Pasangan Suami Istri Yang Menikah Muda Di Kecamatan Bebesen Kab. Aceh Tengah  (Studi Deskriptif Analitis Terhadap Pasangan Menikah Muda Yang Telah Mencapai Usia Pernikahan Lebih Dari 20 Tahun)] Text (Identifikasi Perilaku Sukses Pada Pasangan Suami Istri Yang Menikah Muda Di Kecamatan Bebesen Kab. Aceh Tengah (Studi Deskriptif Analitis Terhadap Pasangan Menikah Muda Yang Telah Mencapai Usia Pernikahan Lebih Dari 20 Tahun))
Handayani, 180402023, FDK, BKI, 082362239401.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang pasangan suami istri yang memiliki perilaku sukses dalam menikah muda. Adapun tujuan dari penelitian: Pertama, untuk mengetahui indikator perilaku sukses pasangan suami istri yang menikah muda. Kedua, untuk menganalisis faktor pendukung dan penghambat perilaku sukses pasangan suami istri yang menikah muda dan ketiga untuk menemukan kelebihan dan kekurangan perilaku sukses pada pasangan suami istri yang menikah muda di Kec. Bebesen Kab. Aceh Tengah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dalam deskriptif analitis. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian berjumlah 8 pasangan suami istri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, indikator perilaku sukses pasangan suami istri yang menikah muda sebagai berikut: tidak ada KDRT/perselingkuhan, memiliki rasa saling menghargai, keterbukaan antara suami istri, memiliki rasa sabar, tanggungjawab dan kejujuran, kerja sama antar suami istri dan keadaan agama yang baik. Kedua, terdapat dua faktor adalah faktor pendukung sukses: internal yaitu kesehatan, keadaan agama yang baik, komunikasi dan keterbukaan antara suami istri dan eksternal yaitu keluarga dan quality time. Faktor penghambat: internal yaitu keadaan tubuh tidak sehat atau memiliki penyakit dan kebutuhan primer tidak terpenuhi, eksternal yaitu ekonomi. Ketiga, kelebihan dan kekurangan: kelebihan yaitu memiliki anak lebih cepat, usia anak tidak jauh dari orangtua serta dapat bisa melihat cucu. Kekurangan yaitu tidak bisa melanjutkan pendidikan sekolah/kuliah, tidak bisa mencari pekerjaan ideal dan belum memiliki tempat tinggal yang tetap.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Handayani Handayani
Date Deposited: 22 Jun 2023 02:42
Last Modified: 22 Jun 2023 02:42
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29994

Actions (login required)

View Item
View Item