Persepsi Dosen Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry terhadap Mahasiswi Bercadar

Muhamad Zulhusni, 421206981 (2017) Persepsi Dosen Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry terhadap Mahasiswi Bercadar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Membahas tentang persepsi dosen Fakultas Dakwah terhadap mahasiswa bercadar.)
Muhammad Zulhusni.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Persepsi merupakan suatu pandangan atau tanggapan individu terhadap sesuatu yang dilihatnya. Seseorang bisa ‘suka’ dan ‘tidak suka’ juga dikatakan sebagai penilaian dan tanggapan mereka terhadap berbagai hal, seperti fenomena yang terjadi saat ini di UIN Ar-Raniry, yaitu banyak mahasiswa luar Negeri yang memakai cadar ketika di kampus, sehingga timbulnya banyak persepsi dari kalangan mahasiswa dan dosen khususnya. Hal ini terjadi karena normalnya mahasiswa Aceh yang belajar di UIN Ar-Raniry hanya memakai jilbab, dan mereka tidak memakai cadar sepertimana yang dipakai oleh mahasiswa luar Negeri. Adpun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana persepsi dosen Fakultas Dakwah dan Komunikasi terhadap mahasiswa yang bercadar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dimana penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran nyata, dan penjelasan tentang persepsi dosen fakultas dakwah dan komunikasi terhadap mahasiswa bercadar. Pengumpulan data dalam penelitian ini di lakukan dengan cara observasi, dan wawancara. Dalam penelitian ini responden di pilih langsung oleh peneliti melalui teknik purposive sampling sebanyak sepuluh orang dari empat jurusan di Fakultas Dakwah dan Komunikasi yaitu, Dosen dari jurusan BKI, Dosen dari jurusan MD, Dosen dari jurusan KPI, dan Dosen dari jurusan PMI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi Dosen Fakultas Dakwah dan Komunikasi terdapad mahasiswi yang bercadar adalah positif (baik). Yaitu mereka beranggapan bahwa mahasiswa yang memakai cadar itu dapat melindungi mereka dari hal-hal yang negetif. Namun terdapat juga persepsi negatif (tidak baik) dari sebagian dosen fakultas dakwah dan komunikasi yang tidak setuju dengan mahasiswa yang memakai cadar, karena mereka beranggapan bahwa mahasiswa yang bercadar itu sukar untuk di kenali. Selain itu terdapat juga beberapa faktor penting dalam mempengaruhi persepsi Dosen Fakultas Dakwah dan Komunikasi, antaranya adalah, 1) Faktor Atensi, yaitu adanya perhatian Dosen Fakultas Dakwah dan Komunikasi terhadap mahasiswa bercadar. 2) Faktor Fungsional yaitu adanya pengalaman Dosen Fakultas Dakwah dan Komunikasi terhadap mahasiswa bercadar, yaitu pernah berintraksi atau mengajar mahasiswa bercadar suatu ketika dahulu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Drs. Maimun, M.Ag; NIP. 19581231198603105; 2. Juli Andriyani, M.Si; NIP. 197407222007102001
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Dosen Fakultas Dakwah, Mahasiswa Bercadar
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.9 Aspek Fiqih Lainnya
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Zul Husni
Date Deposited: 12 Aug 2017 05:42
Last Modified: 12 Aug 2017 05:42
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/300

Actions (login required)

View Item View Item
TOP