Penerapan Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Tema Ekositem Siswa Kelas V MIN 10 Aceh Besar

Halimatun Sakdiah, 201325079 (2018) Penerapan Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Tema Ekositem Siswa Kelas V MIN 10 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Mengenai tentang Metode]
Preview
Text (Mengenai tentang Metode)
HALIMATUNSAKDIAH.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of From B dan From D.pdf]
Preview
Text
From B dan From D.pdf

Download (147kB) | Preview

Abstract

Bagi seorang pendidik, pemilihan metode pembelajaran hendaknya dilakukan secara cermat agar pilihan itu tepat atau relevan dengan berbagai aspek pembelajaran yang lain, efesien dan menarik. Pembelajaran yang selama ini diterapkan oleh guru membuat siswa menjadi pasif hal ini ternyata siswa merasa bosan dan kurang termotivasi pada metode yang diterapkan serta siswa kurang dapat menyerap materi yang diajarkan, sehingga hasil belajar siswa menjadi rendah. Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan metode mind mapping. Metode mind mapping adalah sebuah metode mencatat yang baik membantu mengingat perkataan dan bacaan serta meningkatkan pemahaman terhadap materi. Metode ini cara pembelajarannya menggunakan gambar, simbol dan warna yang sangat disukai anak-anak sehingga siswa aktif dan tertarik serta termotivasi dalam mengikuti pelajaran. Pembelajaran yang dapat merangsang siswa untuk lebih aktif dan kreatif dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan penerapan metode Mind Mapping pada Tema Ekosistem di kelas V MIN 10 Aceh Besar. (2) Untuk mengetahui aktivitas siswa melalui penerapan metode Mind Mapping pada tema Ekosistem di kelas V MIN 10 Aceh Besar. (3) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui metode Mind Mapping pada Tema Ekosistem di kelas V MIN 10 Aceh Besar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitianya adalah siswa kelas VB MIN 10 Aceh Besar yang berjumlah 21 orang. Teknik dan instrumen penelitian ini adalah tes dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran pada setiap siklus. Siklus I yaitu dengan persentase 78,84% (cukup), siklus II meningkat dengan persentase 86,53%(baik) dan siklus III meningkat hingga 98,07% (sangat baik). Sedangkan hasil penelitian aktivitas siswa dalam proses pembelajaran juga menunjukkan peningkatan pada setiap siklus, hasil persentase pada siklus I yaitu 67,85% (kurang), siklus II 82,14% (baik) dan siklus III 96,42% (sangat baik). Hasil belajar siswa melalui penerapan metode mind mapping pada tes awal adalah 14,28% pada siklus I meningkat yaitu 38,09%, siklus II 80,95%, siklus III 95,23% dan pada tes akhir meningkat hingga 100%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VB MIN 10 Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr. Muslim RCL,S.H,M.Ag; 2. Zikra Hayati, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Metode Mind Mapping
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Halimatun Sakdiah
Date Deposited: 21 Mar 2018 03:15
Last Modified: 21 Mar 2018 03:15
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3000

Actions (login required)

View Item
View Item