Pengembangan Video Pembelajaran Animasi Powtoon Pada Materi Adawatul Istifham

Ghini Mauliana, 180202223 (2023) Pengembangan Video Pembelajaran Animasi Powtoon Pada Materi Adawatul Istifham. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Pengembangan Video Pembelajaran Animasi Powtoon Pada Materi Adawatul Istifham] Text (Pengembangan Video Pembelajaran Animasi Powtoon Pada Materi Adawatul Istifham)
Ghini Mauliana, 180202223, FTK, PBA, 082185643199.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan vidio pembelajaran menggunakan powtoon pada materi adawatul istifham, mengetahui kelayakan video pembelajaran menggunakan powtoon pada materi tersebut serta mengetahui respon siswa terhadap vidio yang telah dikembangkan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan model ADDIE. Adapun dalam mengumpulkan data peneliti menggunakan instrument; analisis kebutuhan, analisis penilaian kelayakan media dan analisis respons peserta didik. Data didapatkan dari 2 orang validator dan 31 siswa Teknik analisis data penelitian menggunakan statistik presentase dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah prosedur pengembangan video pembelajaran menggunakan powtoon yang terdiri dari lima rangkain tahap pengembangan yaitu (1) Analisis terdiri dari analisis kebutuhan siswa, (2) Desain yang terdiri dari pengumpulan referensi, pengkajian materi dan penyusunan kerangka dasar video pembelajaran menggunakan powtoon, (3) Development menunjukkan bahwa media pembelajaran video sangat layak digunakan dengan presentase kelayakan sebesar 97,29%, (4) Implementasi menunjukkan bahwa siswa secara keseluruhan memberikan respon yang positif terhadap video pembelajaran yang dikembangkan dengan presentase sebesar 84,59% dengan kategori sangat baik, (5) Evaluation menunjukkan bahwa tingkat dan keberhasilan pengembangan video pembelajaran sangat layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Ghini Mauliana
Date Deposited: 22 Jun 2023 02:16
Last Modified: 22 Jun 2023 02:16
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30001

Actions (login required)

View Item
View Item