Korelasi Antara Kompetensi Peserta Didik Dengan Kesiapan Kerja Lulusan SMKN 5 Telkom Banda Aceh

Rizki Saputra, 150211066 (2022) Korelasi Antara Kompetensi Peserta Didik Dengan Kesiapan Kerja Lulusan SMKN 5 Telkom Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Korelasi Antara Kompetensi Peserta Didik Dengan Kesiapan  Kerja Lulusan SMKN 5 Telkom Banda Aceh] Text (Korelasi Antara Kompetensi Peserta Didik Dengan Kesiapan Kerja Lulusan SMKN 5 Telkom Banda Aceh)
REVISI_SKRIPSI_2- FIX.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi atas permasalahan yang terjadi pada lulusan SMK yang belum terserap pada dunia kerja dan dunia industri. Beberapa faktor lain yakni disebabkan kurang sesuainya kompetensi yang dimiliki dengan kebutuhan dunia kerja. Sehingga penelitian ini dilakukan bertujuan untuk membahas tentang korelasi antara kopetensi terhadap kesiapan kerja peserta didik SMKN 5 Telkom Banda Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan metode kuantitatif, dengan melibatkan 40 orang guru SMKN 5 Telkom Banda Aceh. Selanjutnya data yang telah diperoleh kemudian diolah menggunakan analisis statistik harga nilai maksimal (Max), nilai minimal (Min), Median (Md) Mean (M), dan standar deviasi (SD). Hasil penelitian menunjukkan bahwa data variabel kesiapan kompetensi peserta didik (X) skor maksimum adalah 50 dan skor minimumnya adalah 38. Dengan rata-rata tingkat pencapaian responden terhadap variabel kompetensi peserta didik adalah sebesar 86,1% atau dikatagorikan baik. Sedangkan pada variabel kesiapan kerja memasuki dunia kerja (Y) skor maksimum adalah 50 dan skor minimum 37. Berdasarkan perhitungan rata-rata (mean) adalah sebesar 43,43, dan median (me) sebesar 44,00, standar deviasi (SD) diperoleh hasil sebesar 3,49. Dengan rata-rata tingkat pencapaian responden kesiapan kerja peserta didik adalah sebesar 86,86 % dikatagorikan baik. Berdasarkan analisis data hasil penelitian diperoleh koefisien korelasi rhitung > rtabel rhitung > rtabel (0,310 > 0,304) dan untuk uji keberartian korelasi didapat thitung > ttabel (2,012 > 1,684) pada taraf signifikan 5%. Maka dapat dikatakan bahwa kopetensi peserta didik mempunyai hubungan signifikan terhadap kesiapan kerja lulusan SMKN 5 Telkom Banda Aceh memasuki dunia kerja.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.3 Komputer, Sain, Teknologi, Kesehatan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnik Elektro
Depositing User: Rizki Saputra Rizki
Date Deposited: 22 Jun 2023 02:45
Last Modified: 22 Jun 2023 02:45
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30004

Actions (login required)

View Item
View Item