Pengembangan Penuntun Praktikum Kimia Berbasis Chemistry Entrepreneurship Pada Materi Koloid Di SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya

Cut Nasya Fikrinda, 170208061 (2023) Pengembangan Penuntun Praktikum Kimia Berbasis Chemistry Entrepreneurship Pada Materi Koloid Di SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Pengembangan Penuntun Praktikum Kimia Berbasis Chemistry Entrepreneurship Pada Materi Koloid Di SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya] Text (Pengembangan Penuntun Praktikum Kimia Berbasis Chemistry Entrepreneurship Pada Materi Koloid Di SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya)
Cut Nasya Fikrinda, 170208061, FTK, PKM, 082276426443.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB)

Abstract

Pengembangan penuntun praktikum kimia berbasis chemistry entrepreneurship bertujuan untuk menghasilkan sebuah media yang bisa meningkatkan ketertarikan belajar peserta didik. Melalui data yang telah diperoleh dan diinterpretasikan dari hasil wawancara, ditemukan bahwa SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya masih menggunakan penuntun praktikum yang ada di buku cetak. Proses belajar dan mengajar khususnya pada mata pelajaran kimia di sekolah tersebut masih berpusat pada guru dan belum tersedianya buku khusus penuntun praktikum untuk pembelajaran kimia tersebut. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui kelayakan penuntun praktikum kimia berbasis chemistry entrepreneurship, serta respon guru dan peserta didik di SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R and D) dengan menggunakan model ADDIE. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi, angket respon peserta didik dan angket respon guru. Berdasarkan hasil validasi oleh tim validator diperoleh skor keseluruhan 196 dengan persentase 81,66 % dengan kriteria Sangat Layak, dan hasil respon peserta didik memperoleh skor rata-rata 224, dengan persentase 74% dengan kriteria Baik, serta respon guru memperoleh skor rata-rata 12, dengan persentase 100% dengan kriteria Sangat Baik. Hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan secara keseluruhan bahwa Penuntun Praktikum Kimia Berbasis Chemistry Entrepreneurship Pada Materi Koloid yang dikembangkan sangat layak digunakan di SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Cut Nasya Fikrinda
Date Deposited: 22 Jun 2023 02:46
Last Modified: 22 Jun 2023 02:46
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30008

Actions (login required)

View Item
View Item