Penerapan Metode Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika di Kelas V MIN 21 Aceh Besar

Anisah Alvia, 201325077 (2018) Penerapan Metode Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika di Kelas V MIN 21 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Mengenai tentang Metode Penemuan)
ANISAH ALVIA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
From B dan From.pdf

Download (163kB) | Preview

Abstract

Pada pembelajaran matematika sering ditemukan kendala-kendala dalam proses pembelajaran di mana siswa banyak yang tidak tertarik dan tidak termotivasi untuk belajar karena menganggap sukar untuk dipahami sehingga hasil belajar siswa rendah. Oleh sebab itu agar siswa dapat tertarik serta termotivasi dan juga dapat meningkatkan hasil belajar maka guru harus lebih kreatif dan inovatif dalam proses pembelajaran, guru harus menerapkan berbagai metode, salah satunya metode penemuan terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah kemampuan guru, hasil belajar siswa, dan respon siswa terhadap pembelajaran matematika pada siswa kelas V MIN 21 Aceh Besar. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui kemampuan guru, hasil belajar siswa, dan respon siswa terhadap pembelajaran matematika pada siswa kelas V MIN 21 Aceh Besar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), dengan subjek penelitiannya adalah siswa kelas V/A MIN 21 Aceh Besar yang berjumlah 20 siswa dengan KKM Individual 67 dan klasikal 80%, sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan: (l) Lembar Observasi (2) soal pre-test dan post tes, (3) respon, kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kemampuan guru pada siklus I yaitu 80% ,meningkat pada siklus II yaitu 82,5%, dan juga meningkat pada siklus III yaitu 95% . (2) Hasil belajar siswa pada siklus I yaitu 70%, meningkat pada siklus II yaitu 80% dan juga meningkat pada siklus III yaitu 90%. (3) Respon siswa terhadap penerapan metode penemuan terbimbing di kelas V MIN 21 Aceh Besar adalah banyak siswa yang menyatakan Ya dan sedikit yang menyatakan tidak. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan metode penemuan terbimbing kemampuan guru dapat meningkat, siswa lebih aktif, dan hasil belajar siswa terhadap pembelajaran matematika pada kelas V MIN 21 Aceh Besar lebih meningkat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr.Muslim RCL ,S.H., M.Ag; 2. Nida Jarmita, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Metode Penemuan Terbimbing, Hasil Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Anisahh Alviaa
Date Deposited: 21 Mar 2018 03:25
Last Modified: 21 Mar 2018 03:25
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3001

Actions (login required)

View Item View Item
TOP