Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi Komunikasi di SMA Negeri Kota Bahagia

Monti Karmita. B, 170212029 (2022) Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi Komunikasi di SMA Negeri Kota Bahagia. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match] Text (Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match)
Monti Karmita. B, 170212029, FTK, PTI, 085158873475.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian yang berjudul “Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match
untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran
Teknologi Informasi Komunikasi di SMA Negeri Kota Bahagia”, bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran daring pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi dengan model pembelajaran kooperatif learning tipe make a match menggunakan Google Meet dan hasil belajar peserta didik dalam pemebelajaran daring pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi model pembelajaran kooperatif learning tipe make a match menggunakan Google Meet. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian PTK. Populasi dalam penelitian siswa kelas X sebanyak 44 orang dan sampel 18 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan lembar observasi dan tes. Analisa data menggunakan rumus distribusi frekuensi. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa keterlaksanaan pembelajaran daring menggunakan model kooperatif tipe make a match menggunakan Google Meet pada mata pelajaran Teknologi Informasi siswa kelas X SMA Negeri Kota Bahagia mengalami peningkatan, dimana pada siklus I tingkat keterlaksanaan aktivitas guru sebesar 72% dan aktivitas siswa 71% menjadi 91% aktivitas guru dan 90% aktivitas siswa pada siklus II. Hasil belajar peserta didik pada pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi menggunakan model pembelajaran kooperatif learning tipe make a match menggunakan Google Meet mengalami peningkatan, dimana pada siklus I sebesar 66,6% menjadi 88,8% pada siklus II.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnologi Informasi
Depositing User: Monti Karmita B
Date Deposited: 22 Jun 2023 02:52
Last Modified: 22 Jun 2023 02:52
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30013

Actions (login required)

View Item
View Item