Pengaruh Permainan Bingo Untuk Mengenalkan Huruf Pada Anak di TK Nurul Fajri Aceh Selatan

Sry Rezky, 160210120 (2023) Pengaruh Permainan Bingo Untuk Mengenalkan Huruf Pada Anak di TK Nurul Fajri Aceh Selatan. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengaruh Permainan Bingo Untuk Mengenalkan Huruf Pada Anak di TK Nurul Fajri Aceh Selatan] Text (Pengaruh Permainan Bingo Untuk Mengenalkan Huruf Pada Anak di TK Nurul Fajri Aceh Selatan)
Sry Rezky, 160210120, FTK, PIAUD.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Permasalahan dalam pembelajaran mengenal huruf di TK Nurul Fajri Aceh Selatan adalah anak- anak di TK tersebut belum mampu mengenal huruf dengan baik dan masih digunakannya cara-cara lama yang kurang efektif dan penggunaan media yang masih kurang. Proses ini terlihat dari pengenalan huruf dari lembar kerja anak dan juga papan tulis dan spidol. Oleh karena itu peneliti mengajukan sebuah strategi mengajar dalam bentuk permainan bingo huruf untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf di kalangan anak-anak usia 5-6 tahun di TK Nurul Fajri Aceh Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan bingo dalam mengenalkan huruf pada anak di TK Nurul Fajri Aceh Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian eksperimen. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 16 orang anak di kelas B. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh permainan bingo terhadap kemampuan mengenal huruf pada anak usia 5-6 tahun di TK Nurul Fajri Aceh Selatan, hal ini ditandai dengan adanya peningkatan nilai anak antara pre test dan post test, dimana nilai pre test diperoleh sebesar 7,75 naik menjadi 8,87 pada post test setelah 2 kali dilakukan perlakuan. Uji hopotesis juga menunjukkan bahwa nilai thitung>ttabel yaitu 3,11> 1.76. Artinya terdapat pengaruh permainan bingo terhadap kemampuan mengenal huruf pada anak usia 5-6 tahun di TK Nurul Fajri Aceh Selatan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Sry Rezky Sry
Date Deposited: 22 Jun 2023 03:07
Last Modified: 22 Jun 2023 03:07
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30018

Actions (login required)

View Item
View Item