Komunikasi Intrapersonal Mahasiswa Tingkat Akhir Dalam Menyelesaikan Skripsi

Nazira Zahra, 170401043 (2023) Komunikasi Intrapersonal Mahasiswa Tingkat Akhir Dalam Menyelesaikan Skripsi. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Komunikasi Intrapersonal Mahasiswa Tingkat Akhir Dalam Menyelesaikan Skripsi] Text (Komunikasi Intrapersonal Mahasiswa Tingkat Akhir Dalam Menyelesaikan Skripsi)
zira.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Komunikasi Intrapersonal Mahasiswa Tingkat Akhir Dalam Menyelesaikan Skripsi”. Komunikasi intrapersonal merupakan komunikasi yang dilakukan oleh diri sendiri, yang mana pengirim dan penerima pesan adalah satu orang yang sama. Komunikasi intrapersonal termasuk kedalam komunikasi yang paling sering dilakukan oleh setiap individu pada setiap harinya, komunikasi ini juga sering kali dijadikan sebagai pemecah masalah pribadi, seperti halnnya yang dilakukan mahasiswa akhir saat menyelesaikan skripsi, yang mana terkadang ada rasa malas yang muncul dalam diri mahasiswa. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana komunikasi intrapersonal dilakukan mahasiswa tingkat akhir, dan mengetahui dampak apa yang diterima mahasiswa akhir dalam menyelesaikan skripsi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan teknik penelitian yang digunakan oleh penulis adalah deskriptif kualitatif, dengan jenis penelitian field research. Teknik pengambilan data yang digunakan oleh penulis menggunakan purposive sampling dengan jumlah informan 12 orang mahasiswa akhir prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam yang sedang menyelesaikan skripsi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam menyelesaikan skripsi mahasiswa memiliki kendala yang relatif sama, yaitu rasa malas. Selain rasa malas, kendala dari luar diri juga sangat memengaruhi mahasiswa akhir dalam menyelesaikan skripsinya. Dan dalam upaya penyelesaian skripsi, mahasiswa akhir melakukan komunikasi intrapersonal sebagai alternatif untuk mengembalikan semangat diri dengan menggunakan beberapa bentuk komunikasi yang terbilang unik, dan dampak yang dirasakan mahasiswa akhir ketika komunikasi intrapersonal diterapkan dalam dirinya memberikan hasil yang cenderung positif, dan sedikit yang merasakan dampak negatif setelah komunikasi ini diterapkan dalam proses penyelesaian skripsi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial > 302.2 Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Nazira Zahra Nazira
Date Deposited: 22 Jun 2023 02:57
Last Modified: 22 Jun 2023 02:57
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30022

Actions (login required)

View Item
View Item