Efektivitas Kegiatan Tahfidz Al-Qur’an Untuk Meningkatkan Hafalan Peserta Didik Di SMP Negeri 1 Muara Batu Kabupaten Aceh Utara

Cut Miftahul Jannah, 180201031 (2023) Efektivitas Kegiatan Tahfidz Al-Qur’an Untuk Meningkatkan Hafalan Peserta Didik Di SMP Negeri 1 Muara Batu Kabupaten Aceh Utara. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Efektivitas Kegiatan Tahfidz Al-Qur’an Untuk Meningkatkan Hafalan Peserta Didik Di SMP Negeri 1 Muara Batu Kabupaten Aceh Utara] Text (Efektivitas Kegiatan Tahfidz Al-Qur’an Untuk Meningkatkan Hafalan Peserta Didik Di SMP Negeri 1 Muara Batu Kabupaten Aceh Utara)
Cut Miftahul Jannah, 180201031, FTK, PAI, 082219409956.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Efektivitas Kegiatan Tahfidz Al-Qur’an merupakan suatu proses untuk memelihara, menjaga dan melestarikan kemurnian al-Qur’an yang diturunkan kepada Rasulullah agar tidak terjadi pemalsuan dan perubahan serta dapat menjaga. Namun memelihara Al-Qur’an rata-rata peserta didik sangat sedikit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa jauh efektivitas kegiatan tahfidz Al-Qur’an untuk meningkatkan hafalan peserta didik di SMP Negeri 1 muara Batu Kabupaten Aceh Utara. Penelitian ini, menggunakan metode penelitian lapangan (survey), jenis penelitian kuantitatif asosiatif. Adapun sampel penelitian ini sebanyak 32 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan hipotesis dengan memakai rumus koefisien determination, dan dibantu dengan aplikasi SPSS 16. Hasil penelitian efektivitas kegiatan tahfidz Al-Qur’an dikategorikan cukup layak 59% dan meningkatkan hafalan peserta didik dikategorikan layak 63% yang dibuktikan dengan analisis angket dari 32 responden. kontribusi determinasi efektivitas kegiatan tahfidz Al-Qur’an untuk meningkatkan hafalan peserta didik sebesar 53,8% sedangkan 46,2% ditentukan dan didapatkan dari faktor lain. Dapat disimpulkan bahwa efektivitas kegiatan tahfidz Al-Qur’an berpengaruh untuk meningkatkan hafalan peserta didik di SMP Negeri 1 Muara Batu Kabupaten Aceh Utara dan konstribusi yang diberikan sebesar 53,8%, yang termasuk dalam kategori cukup layak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Cut Miftahul Jannah
Date Deposited: 22 Jun 2023 03:04
Last Modified: 22 Jun 2023 03:04
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30027

Actions (login required)

View Item
View Item