Penerapan Model Creative Problem Solving Berbasis Eksperimen untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa pada Materi Fluida Statis di Kelas Xi Sman 1 Samalanga

Wilda Safitri, 251324506 (2017) Penerapan Model Creative Problem Solving Berbasis Eksperimen untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa pada Materi Fluida Statis di Kelas Xi Sman 1 Samalanga. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas Tentang Penerapan Model Creative Problem Solving Berbasis Eksperimen]
Preview
Text (Membahas Tentang Penerapan Model Creative Problem Solving Berbasis Eksperimen)
Wilda Safitri.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of Form B dan Form D.pdf]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kurangnya kemampuan kognitif siswa dalam pembelajaran fisika dapat disebabkan oleh siswa kurang terlibat aktif dalam pembelajaran dan model pembelajaran yang diterapkan kurang efektif. Oleh karena itu, penulis telah melakukan sebuah penelitian yang bertujuan untuk: 1) Mengetahui ada tidaknya peningkatan kemampuan kognitif siswa pada materi fluida statis di kelas XI SMA Negeri 1 Samalanga setelah diterapkan model Creative Problem Solving berbasis eksperimen; 2) Mengetahui respon siswa terhadap penerapan model Creative Problem Solving berbasis eksperimen untuk meningkatkan kemampuan kognitif siswa pada materi fluida statis di kelas XI SMA Negeri 1 Samalanga.Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-eksperimen jenis one group pretest-posttest designdan sample yang dipilih menggunakan Teknik Purposive Sampling yaitu kelas XI IPA3 yang terdiri dari 24 siswa. Dari data yang diperoleh dari soal tes dan angket yang kemudian dianalisis dengan menggunakanUji-t,hasil penelitian menunjukkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak, hal ini dikarenakan nilai thitung> ttabel yaitu 22,66 > 1,71. Selain itu, pembelajaran dengan model Creative Problem Solving berbasis eksperimen juga mendapatkan respon yang sangat baik dari siswa, dengan persentase sangat setuju mencapai 61,44% dan setuju 30,20%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model Creative Problem Solving berbasis eksperimen dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa pada materi fluida statis di kelas XI SMA Negeri 1 Samalanga dan mendapatkan respon yang positif dari siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Drs. Soewarno S, M.Si 2.Mulyadi Abdul Wahid, M.Sc
Uncontrolled Keywords: Model Creative Problem Solving Berbasis Eksperimen, Kemampuan Kognitif Siswa, Materi Fluida Statis
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Wilda Safitri
Date Deposited: 20 Mar 2018 03:45
Last Modified: 20 Mar 2018 03:45
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3004

Actions (login required)

View Item
View Item