Pencegahan Perilaku Korupsi Melalui Mata Kuliah Pendidikan Anti Korupsi di Perguruan Tinggi

Hayati, 2002026804 (2015) Pencegahan Perilaku Korupsi Melalui Mata Kuliah Pendidikan Anti Korupsi di Perguruan Tinggi. Islamic Studies Journal, 3 (2). pp. 176-189. ISSN 2337-7151

[thumbnail of Pencegahan Perilaku Korupsi Melalui Mata Kuliah Pendidikan Anti Korupsi di Perguruan Tinggi] Text (Pencegahan Perilaku Korupsi Melalui Mata Kuliah Pendidikan Anti Korupsi di Perguruan Tinggi)
ISJ_Hayati.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (881kB)

Abstract

Perilaku koruptor merupakan perilaku yang merugikan orang lain dan tatanan masyarakat secara luas, berbagai bentuk tindakan kejahatan korupsi banyak yang tidak dipahami mahasiswa di perguruan tinggi, salah satunya suap, termasuk korupsi waktu dan berbagai perilaku yang merugikan negara. Perilaku korupsi ini dipicu oleh gaya atau pola kebiasaan hidup mewah yang selalu mengikuti pola dan kebutuhan zaman. Berbagai upaya telah dilakukan pemerintah, untuk memberantas korupsi ini, namun realitas di lapangan belum menunjukkan hasil yang menggembirakan. Di mana setiap tahun pelaku korupsi terus bertambah baik di tingkat pejabat kelas atas sampai pejabat di tingkat daerah. Namun pemerintah tidak tinggal diam terus berusaha dengan sekuat tenagaa memberantas korupsi melalui lembaga pendidikan tinggi baik negeri maupun swasta. Hal ini dilakukan mengingat lulusan perguruan tinggi adalah manusia cendekia yang telah dibekali dengan berbagai kemampuan baik teoritis maupun praktis dalam berbagai bidang. Lulusan perguruan tinggi diharapkan memiliki bekal yang baik dan kepribadian yang mantap dalam mengisi pasar kerja di masyarakat. Sebagai pion terdepan para lulusan yang telah dibekali pendidikan anti korupsi mampu menerapkan ilmunya di masyarakat dengan sebaik-baiknya, sehingga kemajuan bangsa Indonesia ini secara keseluruhan mampu menyaingi bangsa-bangsa lain yang sudah lebih dahulu mencapai kemajuan. Salah satu kepribadian yang perlu ditanamkan kepada generasi muda penerus bangsa ini adalah dengan menanamkan perilaku hidup sederhana dan perilaku yang hanya mengambil haknya bukan hak orang lain.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, Anti Korupsi, Perguruan Tinggi
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Hayati Hayati
Date Deposited: 22 Jun 2023 04:11
Last Modified: 22 Jun 2023 04:11
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30047

Actions (login required)

View Item
View Item