Peningkatan Kemampuan Menggunakan Tanda Baca dalam Paragraf Narasi dengan Metode Latihan Terbimbing pada Siswa Kelas V Min 11 Banda Aceh

Rina Rahmi, 201325185 (2017) Peningkatan Kemampuan Menggunakan Tanda Baca dalam Paragraf Narasi dengan Metode Latihan Terbimbing pada Siswa Kelas V Min 11 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Membahas Tentang Peningkatan Kemampuan Menggunakan Tanda Baca)
Rina Rahmi.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (594kB) | Preview

Abstract

Penggunaan metode yang tepat dalam proses belajar mengajar akan menciptakan lingkungan belajar yang kreatif. Seorang guru diharapkan dapat memberikan pengajaran yang mudah dipahami oleh siswa dan dapat menentukan metode yang cocok untuk meningkatkan kemampuan menggunakan tanda baca dalam paragraf narasi. Akan tetapi, kenyataan di lapangan terdapat siswa yang tidak paham bagaimana menggunakan tanda baca yang tepat dikarenakan kurangnya pelatihan dan juga metode yang digunakan guru dalam pembelajaran. Khususnya pembelajaran bahasa Indonesia. Oleh karena itu, salah satu cara yang harus dilakukan guru adalah dengan menggunakan metode latihan terbimbing. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah aktivitas guru, aktivitas siswa, dan kemampuan siswa menggunakan tanda baca dengan metode latihan terbimbing pada siswa kelas V MIN 11 Banda Aceh. Tujuan dari pembelajaran ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia serta kemampuan siswa dalam menggunakan tanda baca dalam paragraf narasi dengan metode latihan terbimbing pada siswa kelas V MIN 11 Banda Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi dengan subjek penelitiannya adalah siswa kelas V-3 MIN 11 Banda Aceh yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan: lembar observasi (aktivitas guru dan aktivitas siswa) dan soal post tes, kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I yaitu 68,75 dan meningkat pada siklus II menjadi 92,85. Aktivitas siswa selama proses pembelajaran pada siklus I mencapai 73,33 dan meningkat pada siklus II menjadi 88,89. Adapun Kemampuan menggunakan tanda baca siswa dalam paragraf narasi dengan metode latihan terbimbing pada siklus I yaitu 46,43% dan meningkat pada siklus II menjadi 89,28%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode latihan terbimbing sangat cocok digunakan dalam meningkatkan kemampuan menggunakan tanda baca siswa kelas V-3 MIN 11 Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Dr. Jailani, M. Ag 2.Siti Khasinah, S. Ag. M. Pd
Uncontrolled Keywords: Kemampuan menggunakan tanda baca, metode latihan terbimbing
Subjects: 400 Languages (Bahasa) > 499.221 Indonesian/Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Rina Rahmi
Date Deposited: 22 Mar 2018 03:17
Last Modified: 22 Mar 2018 03:17
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3005

Actions (login required)

View Item View Item
TOP