Transformasi Perpustakaan Berprestasi Untuk Meningkatkan Minat Baca Masyarakat Di Perpustakaan Gampong Pineung Banda Aceh

Cut Sutidayanti, 190503179 (2022) Transformasi Perpustakaan Berprestasi Untuk Meningkatkan Minat Baca Masyarakat Di Perpustakaan Gampong Pineung Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Transformasi Perpustakaan Berprestasi Untuk Meningkatkan Minat Baca Masyarakat  Di Perpustakaan Gampong Pineung  Banda Aceh] Text (Transformasi Perpustakaan Berprestasi Untuk Meningkatkan Minat Baca Masyarakat Di Perpustakaan Gampong Pineung Banda Aceh)
Untitled.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul ““Transformasi Perpustakaan Berprestasi untuk Meningkatkan Minat Baca Masyarakat di Perpustakaan Gampong Pineung Banda Aceh”. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini yaitu “bagaimana bentuk bentuk transformasi perpustakaan desa Gampong Pineung serta dampak perpustakaan berprestasi terhadap minat baca masyarakat desa Gampong Pineung”. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bentuk bentuk transformasi perpustakaan desa Gampong Pineung dan dampak perpustakaan berprestasi terhadap minat baca masyarakat desa Gampong Pineung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan wawancara. Adapun jumlah informan yaitu 1 orang kepala perpustakaan desa Gampong Pineung dan 10 orang masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk-bentuk transformasi perpustakaan desa yang sudah diterapkan di perpustakaan desa Gampong Pineung dapat dilihat dari segi transformasi layanan dan segi transformasi teknologi informasi dan komunikasi. Hal ini dapat penulis lihat dari adanya layanan perpustakaan desa Gampong Pineung KA CARONG (kegiatan membaca disetiap lorong), tambahan WIFI, komputer, pengelolaan aplikasi SLIMS, serta koleksi yang semakin bertambah. Dampak transformasi perpustakaan berprestasi terhadap minat baca masyarakat di Gampong Pineung yang diperoleh masih tergolong belum berdampak positif untuk masyarakat. Berdasarkan grafik pengunjung yang rendah serta antusias dari masyarakat Gampong Pineung yang masih belum memanfaatkan perpustakaan dengan baik, sedangkan saat ini perpustakaan Gampong Pineung sudah berupaya untuk meningkatkan kualitas perpustakaan seperti menambah layanan perpustakaan, membuat program yang dapat menarik perhatian masyarakat, dan juga menambah koleksi-koleksi di perpustakaan Gampong Pineung agar masyarakat Gampong mendapatkan informasi yang mencukupi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 020 Ilmu Perpustakaan dan Informasi > 028 Membaca dan Penggunaan Media Informasi Lainnya > 028.7 Penggunaan Buku dan Media lainnya sebagai Sumber Informasi
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Cut Sutidayanti Cut
Date Deposited: 23 Jun 2023 02:09
Last Modified: 23 Jun 2023 02:09
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30050

Actions (login required)

View Item
View Item