Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Berbasis Ekonomi Kreatif Di Kota Banda Aceh

Muhammad Aqil, 170604020 (2023) Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Berbasis Ekonomi Kreatif Di Kota Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.

[thumbnail of Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Berbasis Ekonomi Kreatif Di Kota Banda Aceh] Text (Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Berbasis Ekonomi Kreatif Di Kota Banda Aceh)
Muhammad Aqil, 170604020, FEBI, IE, 082145499219.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB)

Abstract

Pengembangan usaha mikro kecil menengah tidak hanya pada perluasan penyerapan tenaga kerja dan kesejahteraan masyarakat namun juga dapat menstabilkan masalah kesenjangan sosial yang terjadi di lingkungan masyarakat setempat. Salah satu bentuk pengembangan UMKM di Indonesia adalah bentuk usaha berbasis ekonomi kreatif. Perkembangan UMKM tidak terlepas dari faktor internal dan eksternal itu sendiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Perkembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) berbasis ekonomi kreatif di Kota Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji mengenai hal-hal yang menjadi faktor berkembang UMKM berbasis ekonomi kreatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penlitian ini adalah pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) berbasis ekonomi kreatif di Banda Aceh. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dua faktor yang mempengaruhi perkembangan UMKM yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Pada faktor internal berupa modal, pemasaran operasional dan sumber daya manusia. Sedangkan faktor eksternal yaitu kebijakan pemerintah, sosial ekonomi serta lembaga terkait.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ilmu Ekonomi
Depositing User: Muhammad Aqil
Date Deposited: 23 Jun 2023 02:40
Last Modified: 23 Jun 2023 02:40
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30055

Actions (login required)

View Item
View Item