Penggunaan Puzzle Stick Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak usia4-5 Tahun di TK Aneuk Nanggroe Aceh Jaya

Liani, 150210041 (2021) Penggunaan Puzzle Stick Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak usia4-5 Tahun di TK Aneuk Nanggroe Aceh Jaya. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Perkembangan Sosial Emosional Anak] Text (Perkembangan Sosial Emosional Anak)
Liani, 150210041, FTK, PIAUD.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Perkembangan sosial emosional adalah perkembangan perilaku pada anak yang sesuai dengan tuntunan sosial, dimana perkemnbangan sosial emosional adalah suatu proses dimana anak dapat melatih rangsangan bersosialnya. Namun, perkembangan sosial emosional anak masih menjadi permasalahan yang serius di TK Aneuk Nanggroe Aceh Jaya sehingga diperlukan upaya khusus untuk menyelesaikannya. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui penggunaan puzzle stick terhadap perkembangan sosial emosional anak usia 5-6 tahun, (2) untuk mengetahui kendala yang dihadapi guru dalam penggunaan puzzle stick terhadap perkembangan sosial emosional anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini guru kelompok B berjumlah 2 orang dan murid kelompok B berjumlah 39 anak. Data dikumpulkan melalui teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Data hasil wawancara yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis data kualitatif versi Miles dan Huberman, sedangkan data observasi dianalisis menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Dalam penggunaan puzzle stick pada anak usia 5-6 tahun di TK Aneuk Nanggroe dilakukan pada tema kenderaan untuk mengajarkan perilaku terpuji terhadap Allah SWT, mengajarkan anak berperilaku baik antar sesama, mengajarkan anak akhlak mulia, mengajarkan interaksi sesama anak, dan belajar berbagi sesama teman. (2) Kendala-kendala yang ditemukan di TK Aneuk Nanggroe dalam mengembangkan sosial emosional anak diantaranya kurangnya media yang tersedia di sekolah, kurangnya sisi kreatif guru dalam memanfaatkan media, dan kurangnya dukungan dari orangtua murid. Setelah penggunaan puzzle stick jumlah anak yang berkembang sangat baik sebanyak 23,08%, berkembang sesuai harapan sebanyak 28,21%, mulai berkembang sebanyak 33,33% dan yang belum berkembang sebanyak 15,38%.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Liani Lia
Date Deposited: 23 Jun 2023 02:49
Last Modified: 23 Jun 2023 02:49
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30057

Actions (login required)

View Item
View Item