Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Predict, Observe, Explain (Poe) Pada Materi Stoikiometri Di Madrasah Ulumul Quran Banda Aceh

Nur Rahmahdani, 170208041 (2023) Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Predict, Observe, Explain (Poe) Pada Materi Stoikiometri Di Madrasah Ulumul Quran Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Predict, Observe, Explain (Poe) Pada Materi Stoikiometri Di Madrasah Ulumul Quran Banda Aceh] Text (Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Predict, Observe, Explain (Poe) Pada Materi Stoikiometri Di Madrasah Ulumul Quran Banda Aceh)
Nur Rahmahdani, 170208041, FTK, PKM, 082167779773.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (22MB)

Abstract

Pengembangan modul pembelajaran berbasis Predict, Observe, Explain (POE) pada materi stoikiometri di Madrasah Ulumul Quran Banda Aceh, dilatarbelakangi oleh terbatasnya sumber belajar peserta didik pada materi stoikiometri dan buku paket yang digunakan oleh peserta didik dan guru hanya menyajikan konsep stoikiometri pada level simbolik atau perhitungan, sehingga menyulitkan peserta didik dalam memahami konsep tersebut. Untuk mengatasi masalah ini peneliti mengembangkan modul pembelajaran berbasis POE pada materi stoikiometri. Tujuan dari penelitian adalah untuk mendeskripsikan pengembangan modul pembelajaran berbasis POE pada materi stoikiometri di Madrasah Ulumul Quran Banda Aceh. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA putri di MUQ Banda Aceh sebanyak 22 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research and development) model ADDIE. Tenik pengumpulan data yang dilakukan dengan validasi dan penyebaran amgket respon. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar validasi dan lembar angket respon peserta didik. Berdasarkan hasil validasi ahli materi,bahasa dan media diperoleh persentase rata-rata validasi modul 82,38% dengan kriteria “Valid”. Hasil uji coba kepada peserta didik diperoleh persentase rata – rata respon peserta didik 87,87% dengan kriteria “Sangat Tetarik”. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran berbasis POE materi stoikiometri dapat digunakan sebagai sumber belajar di MUQ Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Nur Rahmahdani
Date Deposited: 23 Jun 2023 02:50
Last Modified: 23 Jun 2023 02:50
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30059

Actions (login required)

View Item
View Item