Penerapan Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa pada Tema Indahnya Kebersamaan di Kelasiv Min 5 Banda Aceh

Nura Azkia, 201325201 (2018) Penerapan Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa pada Tema Indahnya Kebersamaan di Kelasiv Min 5 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Membahas Tentang Penerapan Metode Mind Mapping)
Nura Azkia.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (647kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi sebelumnya diketahui bahwa siswa kelas IV MIN 5 Banda Aceh, selama ini siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi pelajaran yang disampaikan guru dikarenakan materi yang cukup banyak sehingga siswa susah dalam mengingat dan memahami materi pembelajaran, masih banyak siswa yang tidak aktif dalam proses pembelajaran, kurangnya keberanian siswa dalam mengemukakan pendapat menjadi siswa yang cenderung pasif. Pada saat diberi tugas, siswa cenderung mencontek dan kurang kreativitas siswa dalam mengerjakan tugasnya. Siswa mudah bosan di samping itu fasilitas belajar yang masih terbatas ini menyebabkan pendidik jarang melakukan kegitankegiatan yang mendorong kreativitas siswa, padahal dibalik semua teori-teori yang dipelajari, pendidik dapat mengembangkan kreativitas siswa dan melibatkan siswa secara aktif misalnya dengan menggunakan metode mind mapping. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana aktivitas guru, aktivitas siswa dan kreativitas siswa dengan penerapan metode mind mapping pada tema Indahnya Kebersamaan di Kelas IV MIN 5 Banda Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), dengan subjek penelitiannya adalah siswa kelas IVB MIN 5 Banda Aceh yang berjumlah 40 siswa, sedangkan teknik pengumpulan data dengan observasi dan rubrik kreativitas siswa, kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada siklus I yaitu 70.58, meningkat pada siklus II yaitu 79.41 dan meningkat pada siklus III 88.23 Kemudian aktifitas siswa pada siklus I yaitu 66.17, meningkat pada siklus II yaitu 77.94 dan meningkat siklus III yaitu 85.29 . Adapun kreativitas siswa pada siklus I yaitu 62.5 , meningkat pada siklus II yaitu 80, dan meningkat pada siklus III yaitu 90. Berdasarkan data penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode mind mapping mampu meningkatkan kreativitas siswa pada tema indahnya kebersamaan di dikelas IV MIN 5 Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Dr. Azhar M.Pd 2.Masbur, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Metode Mind Mapping dan Kreativitas Siswa
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nura Azkia
Date Deposited: 22 Mar 2018 04:07
Last Modified: 22 Mar 2018 04:07
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3006

Actions (login required)

View Item View Item
TOP