Analisis Kemampuan Psikomotorik Siswa Terhadap Materi Produktif Di SMKN 2 Banda Aceh

Rahmi Isna, 160211017 (2023) Analisis Kemampuan Psikomotorik Siswa Terhadap Materi Produktif Di SMKN 2 Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Analisis Kemampuan Psikomotorik Siswa Terhadap Materi Produktif Di SMKN 2 Banda Aceh] Text (Analisis Kemampuan Psikomotorik Siswa Terhadap Materi Produktif Di SMKN 2 Banda Aceh)
Rahmi Isna, 160211017, FTK, PTE, 082363789500.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Kemampuan merupakan hal yang tertanam dalam diri individu sejak lahir. Kemampuan bisa dikatakan sebagai potensi setiap individu manusia. Potensi tersebut bisa diasah menjadi kemampuan luar biasa yang mampu meningkatkan kreatifitas individu. Psikomotorik adalah sesuatu yang berhubungan dengan skill atau kemampuan dan keterampilan seseorang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana tingkat kemampuan psikomotorik peserta didik di SMK N 2 Banda Aceh. Aspek psikomotorik yang diukur dalam penelitian ini mencakup P1 (peniruan), P2 (manipulasi) dan P3 (artikulasi). Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif dengan melakukan wawancara. Sampel yang dilibatkan dalam penelitian ini ada dua orang guru pada jurusan Teknik Audio Video (TAV) SMK N 2 Banda Aceh. Adapun materi produktif yang dipilih adalah materi Dasar Listrik dan Elektronika pada semester ganjil 2020/2021. Kemampuan bisa dikatakan sebagai potensi setiap individu manusia. Potensi tersebut bisa diasah menjadi kemampuan luar biasa yang mampu meningkatkan kreatifitas individu. Psikomotorik adalah sesuatu yang berhubungan dengan skill atau kemampuan dan keterampilan seseorang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana tingkat kemampuan psikomotorik peserta didik di SMK N 2 Banda Aceh. Aspek psikomotorik yang diukur dalam penelitian ini mencakup P1 (peniruan), P2 (manipulasi) dan P3 (artikulasi). Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif dengan melakukan wawancara. Adapun faktor pendukung dalam aktivitas psikomotorik yakni dukungan orang tua serta video dan aplikasi yang sesuai. Sedangkan faktor penghambat psikomotorik pada kelas TAV diantaranya kurangnya fasilitas online seperti kuota, jaringan dan smartphone. Kedua narasumber berharap agar pandemi COVID 19 segera berakhir dan pembelajaran dapat berlangsung normal khususnya pembelajaran di Laboratorium sehingga kemampuan psikomotorik peserta didik dapat diukur dan dinilai.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnik Elektro
Depositing User: Rahmi Isna
Date Deposited: 23 Jun 2023 03:01
Last Modified: 23 Jun 2023 03:01
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30068

Actions (login required)

View Item
View Item