Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray dengan Menggunakan Strategi PAKEM(Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan) terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X pada Materi Besaran dan Satuan di SMAN 1 Simpang Kiri Subulussalam

Fathiya Nufus, 251324510 (2017) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray dengan Menggunakan Strategi PAKEM(Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan) terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X pada Materi Besaran dan Satuan di SMAN 1 Simpang Kiri Subulussalam. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Mengenai tentang Model Pembelajaran]
Preview
Text (Mengenai tentang Model Pembelajaran)
FATHIYA NUFUS.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of From B dan From D.pdf]
Preview
Text
From B dan From D.pdf

Download (501kB) | Preview

Abstract

Bertambahnya minat siswa dengan terlibat aktif dalam proses pembelajaran akan berdampak pada meningkatnya hasil belajar siswa. Akan tetapi, siswa sering menganggap bahwa pelajaran fisika sulit sehingga siswa kurang berminat dalam mengikuti pembelajaran fisika. Pemilihan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dikarenakan TSTS unggul dalam mengaktifkan dan menumbuhkan minat siswa. Sehingga penggunaan TSTS dengan strategi PAKEM dapat meningkatkan keaktifan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan hasil belajar siswa melalui penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray dengan Strategi PAKEM terhadap hasil belajar siswa pada materi Besaran dan Satuan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA SMAN 1 Simpang Kiri Subulussalam. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X IPA2 dan kelas X IPA3. Metode yang digunakan adalah metode penelitian quasi eksperimen. Data dikumpulkan dalam bentuk soal pre-test dan post-test. Setelah dilakukan pengujian hipotesis diperoleh ttabel = 1,68 dan thitung = 2,08 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray dengan Strategi PAKEM dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Besaran dan Satuan di SMAN 1 Simpang Kiri Subulussalam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr. Eng. Nasrullah Idris, S.Si., M.T; 2. Rusydi, S.T, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray, PAKEM, Hasil Belajar,Besaran dan Satuan
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Fathiya Nufus
Date Deposited: 20 Mar 2018 04:18
Last Modified: 20 Mar 2018 04:18
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3009

Actions (login required)

View Item
View Item