Laporan Penelitian Sejarah Jalur Rempah Dan Maritim Aceh Pesisir Timur-Utara

Sanusi Ismail, 2006047003 (2022) Laporan Penelitian Sejarah Jalur Rempah Dan Maritim Aceh Pesisir Timur-Utara. Project Report. Pusat Studi Sejarah Dan Kebudayaan Islam Di Aceh Dan Alam Melayu Universitas Islam Negeri Ar-Raniry & Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Aceh, Banda Aceh.

[thumbnail of Laporan Penelitian Sejarah Jalur Rempah dan Maritim Aceh Pesisir Timur-Utara] Text (Laporan Penelitian Sejarah Jalur Rempah dan Maritim Aceh Pesisir Timur-Utara)
Sejarah Jalur Rempah dan Maritim Aceh _Sanusi Ismail.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (15MB)

Abstract

Jalur rempah telah menjadi wacana dan isu nasional dalam rangka penguatan sejarah dan kebudayaan yang menjadi identitas bangsa Indonesia. Sebagai salah satu bangsa besar, Indonesia pernah memproduksi dan menjadi melting pot lintas-bangsa dalam rangka pemburuan dan perdagangan rempah. Bagaimanapun, rempah adalah komoditas primadona pada masanya, yang mengangkat nama Nusantara ke panggung perdagangan internasional. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana sejarah jalur rempah di salah satu kawasan Nusantara, khususnya di Aceh. Bagaimanapun, Islam dan perdangangan rempah telah menjadi sisi peradaban Aceh dan Nusantara. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan pendekatan metode sejarah dan antropologi, guna memahami secara langsung bagaimana gambaran perdagangan jalur rempah di Aceh, khususnya kawasan Pantai Timur Utara Aceh. Hasil penelitian menunjukkan jika Pantai Timur dan Utara Aceh telah menjadi lokus salah satu dari pusat perdagangan rempah Nusantara. Kondisi ini ditandai dengan kemunculan bandar dan Pelabuhan rempah diantaranya Bandar Lamuri, Bandar Pasee, Bandar Pedir, Bandar Ujong Pancu, Bandar Kuala Gigieng hingga Bandar Perlak.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi)
900 Geography and History
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Sejarah dan Kebudayaan Islam
Depositing User: Sanusi Ismail
Date Deposited: 23 Jun 2023 14:52
Last Modified: 23 Jun 2023 14:52
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30103

Actions (login required)

View Item
View Item