Laporan Penelitian Kajian Penataan Dan Pengarsipan Arsip Sejarah Aceh

Sanusi Ismail, 2006047003 (2022) Laporan Penelitian Kajian Penataan Dan Pengarsipan Arsip Sejarah Aceh. Project Report. UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Laporan Penelitian Kajian Penataan Dan Pengarsipan Arsip Sejarah Aceh] Text (Laporan Penelitian Kajian Penataan Dan Pengarsipan Arsip Sejarah Aceh)
Laporan Penelitian Arsip Sejarah Aceh _Sanusi Ismail.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (16MB)

Abstract

Penelitian mengenai arsip sejarah Aceh adalah suatu kegiatan yang urgen karena Aceh punya sejarah yang luar biasa hebat akan tetapi sedikit sekali yang sudah ditulis tentangnya. Salah satu sebab utama adalah karena susahnya menemukan arsip atau dokumen sejarah sebagai bahan dasar untuk penulisan sejarah tersebut. Contoh sederhana, namun penting dan perlu perhatian kita bersama, sedikitnya jumlah calon Pahlawan Nasional yang diusulkan oleh Pemerintah Aceh, melalui Dinas Sosial Aceh, kepada Pemerintah Pusat, untuk ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional karena tokoh-tokoh besar Aceh di masa lalu masih sedikit yang menulisnya. Masalah berikutnya, ketika pemerintah Aceh sudah berketetapan untuk mengajukan salah satu putra Aceh terbaik untuk menjadi Pahlawan Nasional, tim yang bekerja untuk mempersiapkan berkas kesulitan untuk menuliskan profil sang tokoh karena arsip atau dokumen tidak tersedia dalam jumlah yang memadai. Hal tersebut adalah sebagian dari permasalahan yang dihadapi ketika arsip sejarah di Aceh tidak di data dan di tata dengan baik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: 900 Geography and History
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Sejarah dan Kebudayaan Islam
Depositing User: Sanusi Ismail
Date Deposited: 23 Jun 2023 14:53
Last Modified: 26 Jun 2023 08:27
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30104

Actions (login required)

View Item
View Item